“Beranak Dalam Kubur”,Ingatkan Ibu Hamil Cek Kesehatan

184

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Banyak cara dilakukan untuk mengedukasi masyarakat, untuk hidup lebih sehat, termasuk kepada ibu-ibu yang tengah hamil untuk memperhatikan kesehatan janinnya, dengan rutin melakukan pemeriksaan di posyandu, puskesmas maupun dokter kandungan.

Salah satu cara mengedukasi itu melalui kesenian ketoprak, yang ditampilkan tim kesenian Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah, yang menggelar shooting off air di TVRI, dengan lakon “Beranak Dalam Kubur”. Kepala Dinkes Prov Jateng, dr Yulianto Prabowo mengatakan, lakon ini sengaja diangkat untuk mengajak ibu-ibu yang tengah hamil untuk lebih memperhatikan kondisi janin dan kesehatannya.

“Sengaja kita sisipkan ada cerita horornya juga, agar pesan yang ingin kita sampaikan ke masyarakat mengena” tutur Yulianto Prabowo, yang turut menjadi pemeran dalam pentas ketoprak “Beranak Dalam Kubur” tersebut.

Yulianto menambahkan, edukasi melalui kesenian ketoprak ini merupakan bentuk mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang salah satunya mengajak warga untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan tak terkecuali ibu hamil, sekaligus menjaga kelestarian budaya.

“Ya ini kita ngiras-ngirus, edukasi agar angka kematian ibu hamil dan janinnya bisa kita tekan, sekaligus juga ikut nguri-nguri budaya kita yakni ketoprak” ujarnya.

Anda penasaran dengan penampilan pemain ketoprak Germas dari Dinkes Prov Jateng dan Balkesmas Klaten ini, saksikan penampilan mereka di TVRI Jateng, pada hari senin (15/10/2018)mulai pukul 15.00-16.00 WIB. Jangan kaget ya, kalau nanti muncul penampakan “Mbak Kunti” hiiiii…(ono/web/ap)