Angka Warga Jateng Tercover JKN Tinggi,Tapi Tetap Jaga Kesehatan

148

RADARSEMARANG.COM, Semarang- Meski angka keikutserta warga Jawa Tengah dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terbilang cukup tinggi hingga mencapai 76 persen, namun tak lantas membuat masyarakat abai dengan kesehatannya. Peringatan itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Dr Yulianto Prabowo, terkait jumlah warga Jateng yang telah tercover JKN baik BPJS Kesehatan,KIS maupun UHC.

“Ya kita tentu senang ya angkanya cukup tinggi, karena untuk nasional targetnya 95 persen, tapi khan bukan terus karena discover beaya kesehatannya, terus lupa memperhatikan hidup sehat, tetap wajib jangan abai” tandas Yulianto Prabowo, usai menjadi narasumber dalam acara talkshow yang diselenggarakan salah satu media,belum lama ini.

Salah satu bentuk menjaga kesehatan tubuh itu, tambah Kadinkes Jateng, sebenarnya cukup mudah yakni menjalankan program yang sudah di instrusikan Presiden melalui Gerakan Hidup Masyarakat Sehat (Germas) yang mengajak masyarakat untuk aktif melakukan kegiatan fisik, rajin mengkonsumsi sayuran serta buah.

“Selain itu harus berani mengenyahkan asap roko dari lingkungan sekitar, karena asap rokok ini juga turut menyumbang gangguan kesehatan, disamping itu jangan lupa meski sudah aktif olah raga untuk rutin cek kesehatan” ingat Kadinkes Prov Jateng ini.

Tidak hanya itu, Yulianto juga mengingatkan kaum ibu yang memiliki bayi, untuk memberi ASI eksklusif untuk buah hatinya, karena menurutnya ASI adalah susu terbaik untuk tumbuh kembang bayi. (ono/web/ap)