Dukung Germas, Warga Petompon Tanam Sayuran Di Lahan Kosong

174

RADARSEMARANG.COM, Semarang- Banyak cara dilakukan warga Untuk mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas),, salah satunya yang dilakukan warga kelurahan Petompon, kecamatan Gajahmungkur,kota Semarang. Ibu-ibu di kelurahan itu memanfaatkan sepetak lahan kosong yang berada di seberang kantor kelurahan, untuk ditanami sayur mayur dan budidaya lele. Ketua PKK kelurahan Petompon, Nurwati Kuncoro mengatakan, ide membuat kebun sayur itu muncul setelah warga seringkali kesulitan mendapatkan beberapa sayuran karena mengalami kelangkaan di pasar.
“Sering ibu-ibu mengeluh kehabisan sayuran dan kadang harganya mahal kalau pas langka, dari situ muncul ide kenapa tidak kita manfaatkan saja tanah kosong yang ada untuk kita Tanami sayuran” cerita Nurwati.
Ketua PKK Kelurahan Petompon ini menambahkan, tidak hanya memberi nilai tambah gizi untuk warga, keberadaan kebun sayur dan budidaya lele disebuah drum ini juga memberi nilai tambah kas PKK.
“Selain kita manfaatkan sendiri, hasil kebun sayur dan lele sebagian kita jual, Alhamdulillah bisa buat nambah kas untuk kegiatan PKK” cetusnya.
Di lahan kosong yang luasnya tak sampai 500 m2 ini, warga menanami dengan beraneka sayuran seperti kangkung, seledri, buncis, sawi hijau dan lainnya. Untuk membantu ibu-ibu PKK dalam bercocok tanam, Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) dari Dinas Pertanian ikut memberi pendampingan, mulai dari pemilihan bibit, penanaman, perawatan hingga cara memanen.
“ Ini juga bentuk dukungan kita untuk gerakan Germas mas, khan salah satunya dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan” pungkas Nurwati mengakhiri perbincangan dengan Radar Semarang. (ono/web/ap)