Lima Manfaat Jahe yang Mengesankan untuk Kesehatan dan Kecantikan

340

 JawaPos.com – Obat-obatan yang berasal dari rempah-rempah tentu memiliki manfaat untuk tubuh. Salah satunya jahe yang memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Asalkan dikonsumsi dengan langkah yang tepat dan proporsional.



Seperti dilansir dari situs Womenshealthmag, jahe dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Presiden 80 Twenty Nutrition, Christy Brissette merekomendasikan penyajian jahe dengan cara mengkombinasikan jahe dan pir yang hancur atau mencampurkan ke dalam salad buah.


 


Soal cara penyajian memang kembali kepada selera masing masing. Namun, kita juga patut mengetahui efek baik dari mengonsumsi jahe. Yuk kita simak manfaatnya!


 


Kulit menjadi lebih berkilau


 


Menurut Karen Ansel, seorang penulis dari Healing Superfoods for Anti-Aging : Stay Younger Live Longer, jahe mengandung zat yang dikenal sebagai gingerol yang dapat meredam peradangan dan mematikan senyawa penyebab rasa sakit di dalam tubuh. Manfaat anti-inflamasi ini yang dapat membantu menenangkan kulit yang merah dan iritasi. Sebuah study juga mengatakan, bahwa kombinasi dari kurkumin dan jahe dapat membantu memperbaiki kulit dan menyembuhkan lebih cepat.


 


 Melawan kanker dan mengambat tanda penuaan


 


Jahe juga memiliki zat antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kanker, terutama kanker ovarium. Antioksidan ini lah yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas sehingga dapat membantu produksi kolagen sehingga membuat wajah terlihat lebih muda.


 


Sebagai obat mual dan kembung


 


Secangkir teh jahe dapat membantu mencerna makanan diperut lebih cepat sehingga jahe tersebut dapat menenangkan perut dan mencegah perut kembung. Secara umum, jahe juga merupakan obat untuk mual, terutama jika Anda sedang dalam perjalanan, masa pemulihan kemoterapi, atau gejala morning sickness pada masa kehamilan.


 


Menurunkan kolesterol


 


Menurut Brissette, jahe dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jenis kolesterol yang buruk). Terlebih lagi, sifat pengencer darah yang didapat dari jahe dapat membantu mencegah pembentukan gumpalan darah sehingga dapat mengurangi resiko jantung dan stroke.


 


Meringankan gejala flu


 


Gingerol yang terkandung pada jahe memiliki sifat antimikroba dan antijamur untuk membantu melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan Anda. Caranya yaitu mencampurkan air panas dengan dua sendok makan jahe parut segar, jus lemon, dan setengah sendok makan madu. 



(Inr/JPC)