Ingin Berkendaraan Jauh Menggunakan Mobil, Cermati 4 Hal Penting Ini

234

JawaPos.com – Akhir pekan adalah saat yang tepat untuk berlibur bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Terkadang perjalanan jauh harus ditempuh untuk bisa menikmati kebersamaan dan mengusir rasa penat. Beberapa hal perlu dipersiapkan saat berkendara menggunakan mobil, utamanya menyangkut aspek keamanan dan kenyamanan.


Apa saja yang perlu dipersiapkan saat melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan mobil? Hana Maharani, Head of Communication Nissan Motor Indonesia (NMI) menyebut setidaknya ada 4 hal penting yang wajib diikuti agar perjalanan terasa menyenangkan.


1. Servis Reguler
Hal pertama yang wajib dilakukan adalah melakukan servis reguler. Pengecekan kendaraan sebaiknya dilakukan jauh sebelum hari H keberangkatan, terutama saat high season seperti akhir tahun atau Lebaran. Usahakan untuk memilih dealer resmi yang lebih memahami kondisi dan spare part mobil.


“Harus diservis reguler dulu ke bengkel terutama high season karena biasanya bengkel penuh. Nah sebaiknya service mobil lebih awal untuk menghindari antri,” terang Hana.


2. Cek Kondisi Mobil
Persiapan standar wajib dilakukan satu hari sebelum berangkat. Pastikan bahan bakar telah diisi penuh, apalagi perjalanan jauh. Disampin penting untuk mengecek kondisi lainnya seperti aki, ban, wipper, lampu hingga rem. Tentu perlengkapan lainnya seperti safety belt harus terpasang.


Selain itu pastikan membawa toolkit, charger mobil, alat navigasi, Kotak P3K, kabel Jumper, pompa penyedot bensin, roof box dan tempat sampah. Pastikan ban serep sudah ada di mobil begitu juga dengan dongkraknya.


3. Membawa Barang Bawaan Seperlunya
Di dalam mobil harus dipersiapkan segala kebutuhan selama perjalanan. Misalnya DVD berisi lagu kesukaan dan persediaan makanan dan minuman yang cukup. Jika membawa anak kecil sebaiknya bawa DVD atau CD tontonan untuk menghibur dan mengusir rasa bosan selama di jalan.


Apabila bagasi mobil lebar, bisa juga menaruh aneka mainan, boneka, atau bantal kecil. Terlebih saat ini banyak merek mobil yang dirancang dengan bagasi lebar dan entertainment system mumpuni.


4. Cari Info Dealer Resmi
Sebelum berangkat, penting untuk mencari info alamat dealer resmi terdekat yang dilalui selama perjalanan. Hal ini untuk mengantisipasi masalah mobil yang mungkin terjadi, sehingga bisa segera diatasi.


“Banyak sekali dealer yang sudah ada di Jawa Sumatera. Sebaiknya di cek dulu peta perjalanan nanti akan melewati kota mana saja, dan alamat dealer resmi. Nanti kalo ada apa-apa sudah tau mau kemana,” tutur Hana.


Ilustrasi (istimewa)


(fid/JPC)