Kata Tantri KOTAK, Ini Pentingnya Medical Check Up Bagi Kesehatan

224

JawaPos.com – Medical Check Up (MCU) merupakan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh guna mengetahui adanya penyakit sedini mungkin. Begitulah yang dilakukan Tantri Syalindri Ichlasari atau lebih dikenal sebagai Tantri KOTAK diitemani suami tercinta, Hatna Danarda.


Menolak melakukan MCU lantaran takut nantinya ketahuan mengidap penyakit atau berpotensi mengalami gangguan kesehatan tertentu, sama saja dengan menghindari kenyataan. Selain itu bisa mengurangi peluang untuk disembuhkan.

Bagi vokalis Tantri KOTAK, MCU adalah hal penting. Apalagi dia dan suami berencana menambah momongan. Sehingga pemeriksaan kesehatan reproduksi, darah, air seni, lambung, paru-paru, jantung, ginjal dan liver itu penting.


“Banyak orang berpendapat melakukan MCU itu menyeramkan, karena tidak menutup kemungkinan penyakit yang tak bergejala sekalipun jadi terdeteksi,” jelas Tantri saat MCU di RS YPK Mandiri, Jumat (21/9).


Menurutnya, MCU justru bisa mengamankan kehidupannya kelak. Sebab semakin usia bertambah tentu risiko penyakit semakin menyerang seseorang. Apalagi ditambah dengan berbagai penyakit seiring faktor penuaan.


“Memang sejak kelahiran anak saya yang pertama pun oleh dokter di RS YPK Mandiri. Saya juga pernah melakukan PAP Smear setahun lalu dan itu enggak sakit. Jadi enggak usah takut MCU,” ungkap ibunda
Karanada Medina Danarda itu.


Di hadapan dr. Yusfa Rasyid, SpOG yang melakukan pemeriksaan kandungannya, Tantri mengaku sedikut deg-degan saat akan mengikuti PAP Smear. Namun hal itu penting sebagai deteksi dini pada semua wanita atas pencegahan penyakit mematikan yaitu kanker serviks.


“Jadi menurut saya itu penting untuk PAP Smear deteksi dini. Sebab enggak sakit dan hanya 5 menit tetapi bisa menyelamatkan nyawa 15 tahun ke depan. Itu penting banget,” tegasnya.


(ika/JPC)