Warga Bangetayu “Serbu” Germas

205

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Ratusan warga kelurahan Bangetayu,Genuk, rabu pagi (19/9/18) “menyerbu” kantor kelurahan Bangetayu Wetan. Kedatangan mereka itu bukan untuk mendemo lurah, tapi beramai-ramai mengikuti launching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), yang digelar dikantor kelurahan setempat. Antusiasme warga semakin tinggi, karena disela-sela acara launching, juga diadakan pemeriksaan kesehatan gratis oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Dinkes Kota Semarang dan sebuah laboratorium kesehatan di kota Semarang.

“Wahhh ini pas banget mas acaranya, saya pengen tahu kesehatan saya ada masalah atau gak, karena terus terang saya kurang olah raga” kata Arifin,warga Bangetayu Rt 1 kepada RadarSemarang.com.

Sembari meringis menahan sakit saat diambil darahnya untuk cek kesehatan, Jumariah,warga Bangetayu lainnya mengaku senang dengan kegiatan GERMAS tersebut.

“Mumpung gratis mas, ta wanek-wanekno disuntik jarum,biasane yo wedi, kalau bisa sebulan sekali diadakan lagi” kata ibu berputra dua dengan logat bahasa jawanya yang mendok.

Selain pemeriksaan kesehatan gula darah dan kolesterol gratis, acara yang disambut antusias warga itu juga mengajak masyarakat Bangetayu untuk berperilaku hidup sehat,dengan sering melakukan aktifitas fisik, cek kesehatan secara teratur, mengkonsumsi buah dan sayuran dan mengenyahkan asap rokok.

“Saya mulai mengurangi rokok ahh,untuk kesehatan tubuh saya sendiri dan kesehatan kantong,eman-eman awak iki kalau terus-terusan dimasuki asap rokok” timpal Ali Maskud, warga lainnya.

Kegembiraan warga semakin bertambah, karena di akhir acara GERMAS di kantor kelurahan Bangetayu Wetan,panitia membagikan buah-buahan segar yang langsung disantap warga. (ono/web/ap)