Indonesia Creative Week Jadi Wadah Bagi Pelaku Industri Kreatif Lokal

149

JawaPos.com – Industri kreatif yang mencakup bisnis start up lokal, fashion, dan F&B selalu bergerak dinamis mengikuti perkembangan jaman. Dalam rangka mendukung para insan kreatif, Indonesia (ID) Creative Week tahun ini kembali digelar, mulai tanggal 20 hingga 28 Oktober 2018.


ID Creative Week kali ini mengambil tema ‘C’, yang berarti creativity, community, collaboration. Acara ini semakin menarik karena digagas oleh 3 platform yang sudah tak asing lagi yakni Jakarta Fashion Week, Brightspot, dan IdeaFest. Ketiga titan ini bersinergi menciptakan wadah menarik untuk menaungi insan kreatif Indonesia secara lebih kompleks.


“Kami bertiga memiliki segmen yang berbeda, namun miliki pemikiran yang sama yakni mempromosikan industri kreatif untuk menciptakan dampak yang lebih besar. Dari pemikiran kolaboratif ini, maka lahirlah ID Creative Week,” ujar Svida Alisjahbana, Chairwoman Jakarta Fashion Week saat konferensi press di Senayan City, Jakarta, Rabu (19/9).


Jakarta Fashion Week (JFW) sendiri merupakan sebuah pekan mode yang sudah memiliki nama di Asia Tenggara. Menampilkan karya desainer berbakat, tahun ini JFW turut menggandeng perancang mancanegara Pakistan, Paris, dan India.


Sama halnya dengan Brightspot yang merupakan sebuah event platform jual beli dengan menghadirkan lebih dari 150 tenant. Platform ini terbukti mengedepankan karya enterpreuner muda, bisnis start up brand lokal di bidang fashion, F&B, dan gaya hidup.


“Tahun ini kita ambil tema ‘Imaginarium’ dengan imajinasi kita bisa berkreasi dan kreativitas adalah sebuah komoditi berharga dan unik. Dengan ID Creative Week saya berharap industri kreatif di Indonesia bisa mendunia,” ungkap Anton Wirjono, founder Brightspot.


Lain halnya, dengan IdeaFest yang merupakan platform untuk pertukaran ide Agendanya diwarnai dengan puluhan kelas, seminar dan diskusi menarik terkait dengan industri kreatif dan perkembangan teknologi. Kali ini akan dihadirkan key opinion leaders dan speakers untuk berbagi ilmunya di acara ini.


ID Creative Week tahun ini akan dimulai dengan gelaran Jakarta Fashion Week di Senayan City mulai tanggal 20 hingga 25 Oktober. Disusul dengan Brightspot tanggal 25 Oktober di Pasific Place dan IdeaFest tanggal 26 Oktober bertempat di Jakarta Convention Center.


(fid/JPC)