Nikmati Hari Tua dengan Cegah Penyakit Jantung Sejak Dini

528

RADARSEMARANG.COM, Semarang- Anak muda di Jawa Tengah terus didorong, untuk lebih memperhatikan kesehatan tubuhnya, menyusul indikasi makin tingginya angka penderita penyakit tidak menular (PTM), seperti stroke,jantung,diabetes, hipertensi. Kasi Pencegahan dan Pengendalian Panyakit Tidak Menular (P3TM) Dinas Kesehatan Provinsi Jateng,Arvian Nevi,SKM.DEA kepada Radar Semarang mengungkapkan, adanya kecenderungan anak muda dengan rentang usia 30-40 tahun, sudah mulai terserang penyakit jatung dan stroke.

“Dulu khan ini identik dengan penyakit orang tua, tapi sekarang banyak orang usia muda,sudah mulai terindikasi menderita penyakit itu,memang tidak langsung menyerang, tapi kalau tidak dicegah akan berakibat fatal diatas usia 40an”ungkap pria yang akrab dipanggil Arvian ini.
Karena,tambah Kasis P3TM Dinkes Jateng ini, serangan jantung atau penyakit stroke, merupakan akumulasi dari gaya hidup dan perilaku seseorang jauh sebelum terserang penyakit.

“Ini khan tidak bisa langsung ujuk-ujuk, tumpukan penyaki itu adalah proses karena kebiasaan hidup tidak sehat,seperti merokok,kurangolah raga,begadang atau sering mengkonsumsi makanan berkolesterol” tuturnya.
Arvian Nevi mengungkapkan,serangan jantung dan stroke disebabkan karena terjadinya penyumbatan pembuluh darah.
“Kalau pembuluh darah yang ke jantung tersumbat, maka itu yang menyebabkan seseorang terkena serangan jantung, kalau tersumbatnya ke otak bisa menyebabkan seseorang terkena stroke, nah kita khan gak mau diusia tua terkena penyakit semacam ini” jelasnya.

Karena itu, untuk mencegah terjadinya penyakit jantung,stroke maupun hipertensi, yang saat ini menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di tanah air, Kasi P3TM Dinkes Jateng ini menyarankan agar sejak dini untuk aktif berolah raga.

“Gerakan masyarakat hidup sehat atau germas ini mengajak kita untuk aktif olah raga,makan sayur buah,rutin cek kesehatan dan jangan lupa harus berani mengenyahkan rokok disekitar kita” pungkasnya. (ono/web/ap)