Optimalkan Germas,Penyuluh Kesehatan Harus Rajin Turun Lapangan

163

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG- Edukasi masyarakat tentang tentang pentingnya berperilaku hidup sehat,harus secara terus menerus dikampanyekan mulai sejak usia dini hingga masyarakat lanjut usia. Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sujatmoko mengatakan, keberadaan petugas penyuluh kesehatan dilapangan, hendaknya lebih di optimalkan,apalagi dengan adanya Instruksi Presiden (Inpres) Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Kita punya banyak tenaga kesehatan dilapangan yang bisa dimanfaatkan lebik maksimal lagi, untuk mendorong sekaligus memberi penyuluhan tentang pentingnya perilaku hidup sehat,kalau di pertanian ada PPL nah ini juga mereka harus rajin turun lapangan ” kata Heru kepada Radar Semarang,usai menjadi tamu di warung Germas.

Pengalaman selama menjadi Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2018, membuat Heru memahami tentang optimalisasi peran penyuluh dan tenaga kesehatan tersebut. Selain itu, dia juga mendorong edukasi nonformal, bisa juga digunakan mengajak masyarakat hidup sehat.

“Edukasi nonformal ini seperti melibatkan ibu-ibu PKK atau Pramuka dalam ikut menggerakan masyarakat untuk hidup sehat, terutama bentuk pencegahan atau preventif” tandas pria yang pernah menjabat sebagai Bupati Purbalingga.
Heru juga menambahkan, Inpres no 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang mengajak masyarakat untuk aktif melakukan kegiatan fisik,mengkonsumsi buah sayuran, mengenyahkan asap rokok dan rutin melakukan pengecekan kesehatan, merupakan upaya pemerintah membangun kesehatan rakyatnya.

“Apalagi jika nanti pak Jokowi kembali terpilih sebagai presiden, khan sasaran pembangunannya adalah pembangunan sumber daya manusia,nah ini harus ditopang kesehatan rakyatnya” pungkas Heru Sujatmoko. (ono/web/ap)