Tetap Sehat dan Produktif di Usia Senja

221

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Menjadi tua itu pasti,tapi di usia tua tetap sehat dan produktif itu adalah pilihan, inilah yang mengemuka dalam obrolan di warung Germas TVRI Jateng, jumat (14/9/18). Obrolan tentang tetap sehat dan produktif di usia tua, menjadi bahasan yang gayeng, karena tiga tamu yang hadir di warung Germas yakni mantan Wagub Jateng, Heru Sujatmoko, Sudari Heru Sujatmoko dan dr Bambang Joni Karjono dari RSUD Dr Karyadi Semarang, bercerita dan mengupas tentang sehat di usia senja.

“Selama saya berkeliling Jawa Tengah saat mendampingi bapak menjadi wagub,saya menemukan banyak kaum lansia yang belum tahu tentang perilaku hidup sehat,contohnya masih banyak yang mengkonsumsi nasi putih secara berlebihan”cerita Hj Sudarli, yang tak lain istri Heru Sujatmoko.

Membiasakan hidup sehat, salah satunya dengan melakukan aktivitas fisik sesuai dengan usia, mulai dilakukan Heru Sujatmoko,sejak tak lagi menjabat sebagai Wakil Gubernur Jateng.

“Banyak waktu sekarang,tiap pagi paling tidak jalan-jalan keliling kampong sekitar rumah atau bersih-bersih rumah, ini sudah bikin saya merasa sehat” tutur Heru berbagi pengalaman.

Cerita mantab Wakil Ganjar Pranowo periode 2013-2018 inipun disetujui dr Bambang Joni Karjono, menurutnya setiap orang selalu bergerak aktif, agar tubuh sehat.

“Pola makan,pola tidur dan aktivitas harus dijaga, biar tidak bosan berolah raga harus disesuaikan dengan hobinya sehingga tidak jenuh” saran dr Bambang.

Obrolan warung Germas TVRI Jateng ini semakin segar dan gayeng karena dipandu Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah,dr Yulianto Prabowo, dengan celetukan-celetukan yang bikin ger-geran tapi bernas dengan pesan kesehatan.

“Masa tua itu siklus hidup yang tak bisa kita hindari,harapan kita di usia tua,kita tetap sehat, karena itu hidup sehat harus dimulai sejak dini, biar nanti saat tua kita tetap sehat,bugar dan produktif” kata Yulianto Prabowo.

Tak lupa, dia mengajak audience yang memenuhi warung Germas untuk berperilaku hidup sehat,dengan rutin beraktifitas fisik,makan buah sayuran,cek kesehatan secara teratur dan mengenyahkan rokok. (ono/web/ap)