Joko Anwar Kenalkan Wewe Gombel ke Dunia Melalui ‘A Mother’s Love’

302

JawaPos.com – Sutradara gaek Joko Anwar, kenalkan Wewe Gombel ke dunia lewat serial folklore HBO. Melalui film berjudul A Mother’s Love, Joko menyuguhkan film horor yang menonjolkan drama dan minim jump scared.

Joko percaya bahwa film dibangun atas kekuatan karakter dan ceritanya. Meski hantu Wewe Gombel tak dikenal di negara lain, Joko percaya dengan tema yang universal dan minim jump scared, dia mampu membangun nuansa horor itu sendiri.

“Karena aku percaya dalam film horor itu yang terpenting adalah karakternya. Kalau orang nggak peduli sama karakternya, ya gimanapun itu, ya jadi nggak serem. Kan ada horor yang seremnya setiap lima menit muncul hantu kan ya, bikin kita kaget dan latah-latah gitu kan. Kita jerit-jerit pas keluar tapi nggak ada yang kita bawa kan,” ucap Joko Anwar saat ditemui di Grand Hyatt Jakarta, Jumat (14/9).

Folklore Trailer | Scream Asia Film Festival 2018 (YouTube/mm2 Entertainment Channel)

Oleh karena itu, Joko Anwar mencoba memdominasi drama dalam film horornya kali ini. Hal itu juga yang mendasari dipilihnya Wewe Gombel sebagai hantu lokal yang diangkat ceritanya.


“Kenapa Wewe Gombel? Karena Wewe Gombel bisa digali. Hantu, yang meninggal saat ingin punya anak. Di balik mitos itu ada sesuatu,” jelas Joko Anwar.

Film yang berdurasi kurang lebih satu jam itu pun dibintangi aktris Marissa Anita sebagai Ibu dan Muzakki Ramdhan sebagi Joni yang merupakan anak dari ibu. Kisah Ibu dan anak ini pun dikemas tangan dingin Joko Anwar untuk menyampaikan impact horor emosional tanpa jump scared dan dominan sedih mengharukan.

“Kalau film horor kita peduli sama karakternya mungkin akan lebih berikan impact dan lebih serem ya, lebih emosional. Itu kenapa di A Mother’s Love kita mencoba menggali lebih banyak lagi tentang karakternya,” pungkasnya.

Serial A Mother’s Love sendiri ditayangkan di Torronto Festival pada hari ini. Nantinya, serial ini juga akan dapat dinikmati pada Minggu, 7 Oktober 2018, secara eksklusif di channel HBO. Episode selanjutnya akan menayangkan serial folklore dari kelima negara Asia lainnya dan tayang seminggu sekali tiap hari Minggu.

Selain Indonesia, ada 5 serial folklore lain yang mengangkat kisah hantu lokal dari Jepang, Korea, Malaysia, Singapura dan Thailand.


(yln/JPC)