3 Tips Hindari Kejahatan pada Anak di Dunia Maya

269

JawaPos.com – Setiap orang tua pasti bangga dan bahagia memiliki anak yang lucu, pintar dan menggemaskan. Tak heran, setiap hal yang berhubungan dengan anak mulai dari penampilan hingga momentum perkembangan anak menjadi sesuatu yang selalu diabadikan dalam sebuah foto atau video yang kemudian dibagikan ke media sosial (medsos).

Namun, tahukah jika aktivitas buah hati yang diunggah di media sosial sering kali dapat memicu kejahatan dunia maya? Mulai dari penipuan, penculikan, hingga pedofilia.

Ada 3 tips mudah yang bisa dilakukan untuk menghindarkan anak dari kejahatan dunia maya. Berikut di antaranya.

1. Bijak Mengumbar Foto Anak di Media Sosial


Membagikan foto anak merupakan hal yang dianggap biasa bagi sebagian orang. Hasilnya, foto anak-anak yang sedang bermain di kolam renang atau pantai hanya menggunakan pakaian dalam mudah ditemukan di media sosial.

Hal tersebut dianggap wajar bagi sebagian orang, namun pada saat bersamaan anak tersebut bisa saja menjadi target pelaku tindak kejahatan dunia maya. Oleh karenanya, alangkah lebih baiknya, para orang tua bijaksana dalam memilih foto anak yang diunggah dan tidak mengumbar foto tersebut ke media sosial.

2. Tidak Mengumbar Info Sensitif Anak

Tips ini sangat berguna untuk melindungi anak dari predator anak. Tidak mengumbar info sensitif seperti informasi alamat rumah, tempat anak sekolah, tanggal lahir, nomor telepon dan lain sebagainya. Tips ini diharapkan dapat menjauhkan anak dari segala bentuk kejahatan seperti penculikan, pencurian identitas, penipuan dan sebagainya.

3. Membuat Photobook Khusus untuk Anak

Tips terakhir yang paling penting dan mudah untuk dilakukan adalah membuat photobook khusus untuk anak. Jika gemar mengabadikan aktivitas atau momentum perkembangan anak dalam sebuah foto, alternatif ini dapat dicoba.

Caranya dengan mencetak foto-foto si kecil ke dalam sebuah photobook yang dapat dibuat di layanan cetak foto online. ID Photobook bisa menjadi pilihan, dengan layanan cetak foto online, konsumen bisa mendapatkan cara termudah untuk cetak foto. Cukup menghubungi Customer Service (CS), upload foto yang diinginkan, pilih tema photobook dan foto-foto si kecil akan segera bisa dinikmati dalam bentuk album seperti majalah.


(yln/JPC)