Awas,Usia Muda Rentan Terkena Penyakit Jantung

431

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Stigma penyakit jantung yang identik dengan penyakit orang lanjut usia, dalam beberapa tahun terakhir mengalami pergeseran. Dewasa ini, kalangan usia produktif dan anak muda mulai terserang penyakit mematikan ini. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah,dr Yulianto Prabowo kepada RadarSemarang.com mengatakan, tren pergeseran jenis penyakit itu,tidak terlepas dari gaya hidup dan pola makan kalangan muda saat ini.

“Kita lihat saja sekarang, orang malas bergerak, sekarang kemana-mana menggunakan kendaraan,bahkan untuk jarak dekat sekalipun,sudah malas jalan kaki atau naik sepeda” ungkap Yulianto Prabowo.

Pola makan yang tidak sehat yang banyak dikonsumsi karena hanya sekadar mengikuti tren kekinian,tambah Kadinkes Prov Jateng ini,juga ikut menyumbang terjangkitnya penyakit jantung pada usia produktif. Selain itu,tambah Yulianto Prabowo,kemajuan teknologi lainnya yang berdampak pada kurangnya aktivitas social manusia adalah penggunaan gadget.

“Ketika orang malas berinteraksi dan malas bergerak, maka stress serta depresi mudah dating, ini akan makin memudahkan seseorang terkena penyakit tidak menular seperti jantung,hipertensi maupun depresi”jelasnya.
Karena itu dia mengingatkan, untuk mencegah agar seseorang tidak mudah terserang penyakit tidak menular seperti jantung,kanker,depresi dan hipertensi, untuk selalu aktif melakukan kegiatan fisik dan rutin mengkonsumsi buah serta sayuran.

“Karena itu pemerintah melalui gerakan masyarakat hidup sehat atau germas mengajak kita untuk berperilaku hidup sehat,aktif olah raga,rajin makan sayur buah, rutin cek kesehatan dan enyahkan asap rokok dari lingkungan kita”pungkas Yulianto Prabowo. (ono/web/ap)