Raih 7 Manfaat Jojoba Oil Untuk Kulit Kinclong dan Awet Muda

145

JawaPos.com – Mendapatkan kulit cantik dan terawat bisa dilakukan dengan cara alami yang lebih aman. Salah satu bahan yang terbukti khasiatnya adalah minyak jojoba (jojoba oil). Tanaman jojoba adalah tanaman hangat dan abadi yang tumbuh di Amerika Utara.

Dilansir dari Health Line, Rabu (12/9), biji tanaman jojoba dapat dibuat menjadi minyak. Saat ini,  minyak jojoba bisa digunakan sebagai perawatan kulit. Sebab, minyak jojoba memiliki ragam manfaat untuk kulit. Sebelum mengaplikasikan minyak jojoba, ada baiknya simak ulasan manfaatnya untuk kulit.

1. Sebagai Pelembab

manfaat jojoba oil, perawatan kulit wajah, cara bikin awet muda, tips perawatan kulit,
Jojoba oil (mylife.organic)

Minyak jojoba adalah bahan humektan. Ini berfungsi sebagai pelindung kulit agar tidak kehilangan kelembaban. Minyak jojoba dapat pula membantu mencegah infeksi bakteri, jerawat, dan pembentukan ketombe.

2. Antibakteri

Minyak jojoba mengandung sifat antimikroba dan antijamur. Sementara tes laboratorium menemukan minya jojoba bisa membunuh bakteri dan jamur tertentu yang dapat menyebabkan salmonella, infeksi E. coli, dan candida.

3. Antioksidan

Minyak jojoba mengandung bentuk alami vitamin E. Vitamin ini bekerja dengan kulit Anda sebagai antioksidan. Ini berarti minyak jojoba dapat membantu kulit Anda melawan stres oksidatif yang disebabkan oleh paparan sehari-hari terhadap polutan dan racun lainnya.

4. Noncomedogenic

Meskipun minyak jojoba adalah bahan botani, susunannya sangat mirip dengan minyak (sebum) yang diproduksi tubuh secara alami sehingga kulit Anda tidak dapat membedakannya. Hal ini membuat kulit pori-pori semakin mengecil dan jerawat berkurang.

5. Hypoallergenic

Pada tingkat molekuler, minyak jojoba adalah lilin. Meskipun dapat diserap ke dalam kulit Anda, sifat lilinnya memungkinkannya untuk menciptakan segel yang menenangkan di permukaan.

Tidak seperti minyak esensial botani lainnya, minyak jojoba biasanya tidak menimbulkan iritasi. Reaksi alergi jarang terjadi.

6. Mengontrol produksi sebum

Minyak jojoba mengatur produksi sebum karena sangat mirip dengan sebum yang dihasilkan oleh tubuh Anda secara alami. Ketika menaruh minyak jojoba pada kulit Anda, maka kulit menjadi lembab. Ini mengirimkan sinyal ke rambut dan keringat folikel bahwa kulit Anda tidak memerlukan sebum tambahan untuk hidrasi. Sehingga membantu kulit lembab dan mencegah jerawat yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat.

7. Mempromosikan Kolagen

Antioksidan dalam minyak jojoba dapat membantu tubuh memproduksi kolagen. Kolagen adalah protein yang ada di kulit dan sendi serta bagian-bagian tubuh yang terbuat dari tulang rawan.

Tingkat kolagen berkurang saat usia bertambah. Ini adalah bagian dari alasan struktur wajah Anda berubah seiring pertambahan usia. Setidaknya satu studi mengaitkan antioksidan yang diterapkan pada kulit untuk meningkatkan sintesis kolagen.

(fid/JPC)