Inilah Proses Dibalik Pembuatan Lagu Lantang Milik JKT48 Acoustic

159

JawaPos.com – Milestone dicatat JKT48 Acoustic pada Selasa (11/9) malam. Bertempat di JKT48 Teater mal FX Sudirman, JKT48 Acoustic merilis sebuah lagu yang ditulis sendiri oleh empat membernya. Lagu tersebut berjudul Lantang. Representatif dari perasaan para member JKT48 Accoustic selama berkarir di grup idola itu.

Usai perayaan 1 tahun JKT48 Accoustic, Nadila Cindy Wantari, Ni Made Ayu Vania Aurellia, Rona Anggreani dan Francisca Saraswati bercerita banyak soal lagu itu. Ternyata, proses pembuatan lagu itu berjalan cukup cepat. ’’Totalnya, sebulan,’’ kata Nadila.

Prosesnya membutuhkan waktu karena tidak hanya soal menulis lirik atau memuat aransemen lagu. Mereka juga perlu mendapatkan persetujuan manajemen atas lagu yang dibuat. Dilihat lagi liriknya, nada, sampai musiknya. Katanya, approval itu sampai ke Jepang karena JKT48 Accoustic tetap membawa nama 48 Group.

Inilah Proses Dibalik Pembuatan Lagu Lantang Milik JKT48 Acoustic
Aksi panggung Aurel dan Rona di ulang tahun pertama JKT48 Acoustic, Selasa (11/9) (DHIMAS GINANJAR/JAWA POS)

’’Kami menunggu sambil tetap latihan,’’ imbuh Nadila. Lebih lanjut dia menjelaskan, proses pembuatan berlangsung cepat karena lirik sudah ada di kepala masing-masing. Untuk menegaskan bahwa lagu itu milik JKT48 Accoustic, setiap member diminta untuk menyetorkan lirik per bait.

’’Kami nulis per bait. Lalu digabungin jadi satu. Klimaksnya ada di reff, kami tentuin maunya seperti apa,’’ tutur Nadila yang juga member Tim KIII itu. Katanya, tidak ada kesulitan berarti dalam menyelesaikan lirik.

Aurel mengungkapkan rahasianya. Proses pembuatan lirik berdasar pada apa yang mereka rasakan. Itulah kenapa, lirik itu boleh dikatakan sebagai curahan hati mereka masing-masing. ’’Jadi, tinggal mengeluarkan saja,’’ terangnya.

Setelah lirik beres. Mereka bersama para pelatih mulai memikirkan aransemen lagunya. Dibuat berdasar genre yang dipilih, termasuk mood lagunya. Kata Sisca, proses untuk menentukan nada dari lagu Lantang berlangsung sangat cepat. ’’Nadanya (selesai) sehari,’’ terang Sisca.

Inilah Proses Dibalik Pembuatan Lagu Lantang Milik JKT48 Acoustic
Gitaris JKT48 Acoustic Ni Made Ayu Vania Aurellia (DHIMAS GINANJAR/JAWA POS)

Lagu Lantang, disebut para member JKT48 Acoustic terinspirasi oleh musik kekinian. Termasuk, ada unsur electronic dance music (EDM). Meski demikian, tetap tidak menghilangkan esensi akustik karena ada unsur yang dipertahankan. Yakni, suara gitar.

’’Gitarnya cuma diisi akustik. Jadi, masih kerasa genjrengann akustiknya. Lead gitarnya juga akustik,’’ ungkap Nadila.

Kini, mereka tengah bersiap untuk mengunggah lagu tersebut di YouTube. Namun, hingga berita ini diturunkan, belum diketahui dengan pasti kapan lagu Lantang diunggah. ’’Semoga secepatnya,’’ imbuh Sisca.

Inilah Proses Dibalik Pembuatan Lagu Lantang Milik JKT48 Acoustic
Gitaris kidal JKT48 Acoustic Nadila Cindi Wantari (DHIMAS GINANJAR/JAWA POS)

Manajemen Siapkan Lagu Khusus

JKT48 Acoustic punya fleksibilitas dalam menyanyikan lagu. Tidak seperti JKT48 yang terikat untuk menyanyikan lagu-lagu milik 48 Group. Itulah kenapa, manajemen tidak hanya mendukung JKT48 Acoustic dengan meluluskan lagu Lantang, tetapi juga menyiapkan lagu khusus bagi mereka.

Niatan itu disampaikan General Manager JKT48 Melody Nurramdhani Laksani di akhir perayaan 1 tahun JKT48 Acoustic. Melody bilang, mereka akan dibuatkan lagu oleh Alam Urbach. Adik aktris Nafa Urbach itu memang dikenal jago dalam membuat lagu. Salah satunya, Kau Adalah yang dipopulerkan Isyana Sarasvati feat Rayi Putra.

Beberapa penyanyi seperti Afgan, Rossa, Nindy, Astrid, Judika, Rio Febrian, Isyana Sarasvati, Andien, Anji, sampai Dewi Sandra juga pernah menyanyikan lagunya. Namun, seperti apa lagu yang dibawakan masih belum disampaikan. Bahkan, para member JKT48 Acoustic juga terkejut dengan keputusan manajemen. ’’Kami bakal kasih yang terbaik,’’ kata Aurel.

(dim/JPC)