Satu Syuro, Usir Setan atau Bertemu Tuhan

179

RADARSEMARANG.COM-Banyak orang menganggap malam 1 Syuro adalah malam yang mistis. Mereka melakukan berbagai ritual. Malah ada yang bersemedi dan melekan semalam suntuk. Ada pula orang yang mekakukan ritual jamas atau memandikan keris.

Ada yang menganggap malam satu Syuro adalah malamnya Syetan. Karena itu menjadi menakutkan. Mereka yang percaya ini cenderung tidak berani keluar rumah. Mereka melakukan ritual untuk mengusir makhluk halus.

Kalau saya menganggap malam satu Syuro adalah malam istimewa. Malam tahun baru Islam. Karena bertepatan dengan 1 Muharram. Memeringatinya secara islami. Dengan memperbanyak ibadah dan berdo’a. Saya melekan bukan untuk setan melainkan untuk tuhan.

Bagi sebagian umat Islam, bulan Muharram adalah penuh berkah. Termasuk bulan-bulan istimewa di mata tuhan selain Zulhijjah, Rajab dan Ramadlan. Disunahkan menyambut tahun baru dengan berdo’a. Sore setelah asar sebelum malam tahun baru berdoa menutup tahun. Setelah magrib berdo’a menyambut tahun baru. Saya melakukannya. (Baehaqi)