Ikut PIDI,Dokter Airul Berharap Jadi Dokter Kompeten

176

RADARSEMARANG.COM, Semarang-Mulai hari ini, senin (10/9/18) 375 dokter lulusan dari berbagai Perguruang Tinggi di tanah air, menjalani Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) di 23 kabupaten/kota di Jawa Tengah. dr. Airul Amimi, salah satu dokter yang ikut dalam PIDI mengaku bahagia, bisa terpilih untuk menjadi peserta program yang diadakan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI) tersebut.

“Ya pastinya senanglah mas, karena bisa mengikuti program ini dan menjadi pengalaman saya yang pertama setelah lulus” kata dokter asal Medan, Sumatera Utara ini.

Di tempatkan selama 1 tahun di salah satu kabupaten di Jawa Tengah dan akan bertugas selama 8 bulan di Rumah Sakit dan 4 bulan di Puskemas, dr. Airul berharap bisa memperoleh banyak ilmu, apalagi dia dan rekan-rekannya yang ikut dalam program PIDI, dituntut untuk bisa menemukan masalah-masalah kesehatan di wilayah tugasnya.

“Program ini mudah-mudahan bisa membuat saya bisa menjadi dokter yang kompeten, karena dengan PIDI ini akan meningkatkan ketrampilan dan kemandirian saya sebagai dokter yang baru lulus dari kuliah” harapnya.
Selain itu, dia juga berharap, keberadaannya akan dapat membantu mendorong masyarakat ditempat tugasnya, untuk berperilaku hidup sehat.

“Saya akan dorong, apalagi khan sudah ada instruksi presiden, gerakan masyarakat sehat atau germas, nanti saya ajak masyarakat ditempat saya yang baru untuk aktif berolah raga, mengkonsumsi sayur serta buah dan Cek kesehatan secara rutin” janjinya.

Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) sendiri merupakan upaya pemerintah, untuk meningkatkan kesehatan masyarakat,dengan mengajak seluruh lapisan warga, agar selalu beraktifitas fisik secara teratur, mengkonsumsi sayur dan buah, cek kesehatan, mengenyahkan asap rokok, dan mendorong ibu yang memiliki bayi untuk memberi ASI eksklusif. (ono/web/ap)