Puas Snorkling Asyik di Takak Sendok

Traveling ke Karimunjawa

321

RADARSEMARANG.COM-Jangan lewatkan snorkling di Takak Sendok kalau anda sedang berwisata di Karimunjawa, Jepara. Lokasinya di dekat pulau Menjangan Kecil. Tidak sampai setengah jam perjalanan kapal mesin dari Pelabuhan utama Karimunjawa.

Wartawan RadarSemarang.com Baehaqi melaporkan, Sabtu hari ini banyak wisatawan menikmati terumbu karang di Takak Sendok. Takak artinya karang. Sedangkan disebut sendok karena banyak cekungan dan gugusan yang muncul ke atas. Spot terumbu karang ini hanya salah satu dari puluhan spot terumbu karang di Karimunjawa.

Baca juga
Puas Snorkling Asyik di Takak Sendok
Bakar Ikan di Pulau Tak Berpenghuni
Bule-Bule Berbikini Menghampar di Pulau Cemara Kecil
Gagal ke Tanjung Gelam, Nikmati Sunset di Menjangan Kecil
Keliling Karimunjawa 24 Jam Cuma Rp 75 Ribu
Sayang, Karimunjawa Kotor dan Kurang Fasilitas
Sensasi Pijat di Tengah Alun-Alun
Di Karimunjawa Jangan Lupa Oleh-Oleh Krupuk Sea Food
Hari Minggu Surga Para Bule di Karimunjawa
Snorkling, Jangan Stres Usir Stres

Berangkat dari penginapan pukul 8.30. Sampai lokasi hampir pukul 09.00. Saya menumpang kapal bersama 19 orang lain. Tiga di antaranya Sutanto Rehatin, istri, dan anaknya. Mereka pemilik agen biro perjalanan umroh Alfatih di Kudus.

Sekitar 45 menit saya mengapung di atas air. Berenang mengitari lokasi terumbu karang. Ada satu gugusan terumbu karang yang sampai hampir permukaan air. Saya jengkali hanya dua jengkal. Kelihatan indah sekali.

Wisatawan lain sibuk berfoto di bawah air dibantu dua pemandu. Hampir seluruh wisatawan yang sekapal dengan saya belum pernah snorkling. Banyak kejadian lucu. Yang terbanyak minum air laut. “Tak terhitung berapa kali kemasukan air,” kata Taufik, wisatawan dari Semarang yang sempat saya bantu. Seorang perempuan yang baru beberapa menit masuk ke air, langsung naik ke kapal lagi. Saya sempat menariknya. Karena, tangan dan kakinya hanya diam. Tak sanggup menggerakkan badannya di air.

Menurut saya terumbu karangnya cukup indah. Hanya saja tidak banyak jenis ikannya. Sepanjang pengamatan saya, yg terlihat hanya ikan-ikan kecil sejari. Itu berbeda dengan lokasi snorkling di Stubondo, Jatim, yang ikannya besar-besar sampai melebihi telapak tangan.

Bagi saya, snorkling di Tukak Sendok cukup memuaskan. Cobalah. (Baehaqi)