Heboh Pesta Ikan di Alun-Alun Karimunjawa

Traveling ke Karimunjawa

851

RADARSEMARANG.COM-Wisata di Karimunjawa, Jepara, tidak lengkap kalau tidak menikmati pesta ikan. Lokasinya di alun-alun. Di jantung kota. Dekat pekabuhan.

Kalau siang alun-alun itu sepi. Malam berubah menjadi arena pesta rakyat. Wisatawan tumplek blek di sana. Mereka menikmati kuliner khas Karimunjawa sambil membeli oleh-oleh.
Di sekeling alun-alun itu banyak penjual ikan bakar. Ikannya masih segar. Ada kakap merah, cakalang, kerapu, cumi-cumi, kepiting, dan udang. Mulai dari yang kecil sampai besar. Ada yang beratnya sekilogram.

Ikan dibakar di tempat. Aromanya khas. Tidak seperti di tempat kain. Selain menggunakan arang, pembakaran dengan sabut kelapa. Inilah yang menimbulkan aroma berbeda.

Di antara banyak jenis ikan itu ada yang menarik perhatian saya. Udang kipas. Bentuknya setengah udang biasa dan lobster. Lebih besar dari udang yang paling besar namun lebih kecil dari lobster sedang. Harganya Rp 25 ribu per ekor.

Tadi malam saya memilih sea food yang paling spektakuler. Lobster. Tidak di alun-alun tapi pesan ke nelayan. Dua ekor seberat satu kilogram Rp 450 ribu sudah dimasak asam manis. Ada nasi putihnya juga. Rasanya luar biasa.

Jadi, jangan kewatkan pesta ikan di Karimunjawa. (Baehaqi)