Bakar Ikan di Pulau Tak Berpenghuni

Traveling ke Karimunjawa

406

RADARSEMARANG.COM-Selain di Alun-alun, ada lokasi lain bakar ikan di Karimunjawa. Makah lebih sensasional. Saya menikmatinya siang hari ini. Di Pulau Cemara Kecil. Kira2 setengah jam perjalanan dengan perahu dari Pulau Karimunjawa.

Pulau Cemara Kecil adalah salah satu dari 27 pulau di Kepulauan Karimunjawa. Lebarnya hanya kira-kira 50 meter dengan panjang sekitar 300 meter. Tidak berpenghuni. Hanya ada satu warung dari sesek yang kalau sore pedagangnya pulang ke Karimunjawa.

Sebagian pulau itu ditumbuhi semak. Ada pula pohon kelapa, ketapang, dan cemara. Teduh. Udara menjadi semilir dingin. Saya bakar ikan di ujung pulau itu yang berpasir putih.

Pembakarannya dengan kayu-kayu kering. Namun yang utama dengan kulit kelapa. Rasa ikan bakarnya lebih khas. Asyik.

Baca juga
Ke Karimunjawa Cukup 30 Menit
Puas Snorkling Asyik di Takak Sendok
Bakar Ikan di Pulau Tak Berpenghuni
Bule-Bule Berbikini Menghampar di Pulau Cemara Kecil
Gagal ke Tanjung Gelam, Nikmati Sunset di Menjangan Kecil
Keliling Karimunjawa 24 Jam Cuma Rp 75 Ribu
Sayang, Karimunjawa Kotor dan Kurang Fasilitas
Sensasi Pijat di Tengah Alun-Alun
Di Karimunjawa Jangan Lupa Oleh-Oleh Krupuk Sea Food
Hari Minggu Surga Para Bule di Karimunjawa
Snorkling, Jangan Stres Usir Stres

Ada banyak jenis ikan. Antara lain, kerapu, kakap merah, kaka tua, dan baronang. Saya suka kaka tua. Jarang ditemui di tempat lain. Warnanya hijau. Ikannya cukup besar. Panjangnya melebihi diameter piring plastik 20 centimeter yang saya gunakan.

Tekstur ikan itu seperti berserat tapi lembut. Dagingnya tidak kering. Makannya dengan sambal kecap yang dicampuri kacang tanah. Sayurnya oseng kangkung. Nikmat sekali.
Siang ini (8 September 2018) banyak wisatawan yang singgah di pulau itu. Salah satu kelompok beranggota lima orang dari Bandung. Diantaranya cewek. Kebetulan kelompok itu makan setikar dengan saya. Mereka di Karimunjawa tiga hari dua malam, sama seperti saya. (Baehaqi)