Denny Sumargo Belajar Ketegasan dari Ayah Ahok

216

JawaPos.com – Aktor Denny Sumargo berperan menjadi ayah Ahok, Kim Nam, saat masih muda di Film A Man Called Ahok. Film yang menceritakan kehidupan mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat kecil hingga tumbuh besar itu menonjolkan hubungan Ahok dan ayahnya.

Sosok dalam film yang berlatar belakang di Gantong, Belitung Timur ini, awalnya hampir tidak dimainkan oleh Denny. Sebab, dia awalnya dikatakan akan berperan sebagai Ahok.

“Awalnya saya ditawari untuk memainkan Basuki. Kemudian, saya ganti peran menjadi bapaknya Ahok ketika masih muda,” kata Denny Sumargo saat peluncuran teaser film A Man Called Ahok di Metropole XXI, Jakarta, Kamis (6/9).

A MAN CALLED AHOK – Teaser Trailer (YouTube/Share Film Indonesia)

Menurut Denny, menjadi Kim Nam merupakan sesuatu yang sulit. Kesulitan yang dia hadapi adalah mencari jejak mengenai Kim Nam. Tidak ada coretan apapun mengenai sosok tersebut yang dapat dijadikan referensi untuk memerankannya. Meski begitu, Denny tetap mengambil peran Kim Nam untuk menantang kemampuan beraktingnya.

Dia pun harus selalu berelaborasi dengan Chew Kin Wah yang memainkan peran Kim Nam saat sudah tua. Terpenting, Denny paham bahwa pesan yang ingin disampaikan dalam film A Man Called Ahok adalah didikan orang tua membentuk karakter seseorang.

“Saya melihat pesan ini sangat kuat. Bahwa figur dari Pak Ahok sendiri tidak akan ada tanpa figur seorang ayah yang begitu keras dan tegas,” kata Denny.

Karakter Kim Nam, menurut Denny, memberinya wawasan mengenai keluarga. Terlebih lagi, Denny sebentar lagi akan menikah dengan tunangannya Dita Soedarjo, putri dari keluarga kongkomerat Sutikno Soedardjo.

“Buat saya pribadi, film ini memberi pandangan yang besar bahwa tidak mudah menjadi sosok seorang ayah, seorang suami. Yang penting harus setia. Kalau tidak setia nanti bagaimana membimbing wanitanya,” pungkas Denny.

(yln/JPC)