Racik Sendiri Krim Malam agar Wajah Berseri dengan 5 Bahan Alami

161

JawaPos.com – Rutinitas perawatan kulit di malam hari penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan halus. Biasanya kaum hawa mengaplikasikan krim malam pada wajah agar menjaga kelembapan. Namun, tahukah Anda kalau krim malam untuk wajah bisa dibuat dengan bahan alami di rumah?

Dilansir dari Boldsky, Kamis (6/9), bahan alami memang mengandung vitamin dan nutrisi penting yang dapat meremajakan serta mencerahkan kulit tanpa efek samping. Setidaknya ada lima bahan utama yang bisa diracik sebagai krim malam wajah. Namun, perlu bahan pendukung lainnya agar krim bisa sempurna. Bagaimana cara membuatnya?

1. Krim Malam Minyak Zaitun

perawatan wajah, krim malam, racikan krim malam alami,
Ilustrasi. Minyak zaitun ternyata bisa digunakan sebagai krim malam dengan campuran bahan alami lainnya. (Istimewa)

Bahan yang diperlukan antara lain ½ cangkir minyak zaitun, 2 sdt minyak kelapa, 2 kapsul minyak vitamin E, dan 1 sdt lilin lebah (beeswax).

Cara membuatnya pun cukup mudah. Pertama, siapkan panci lalu tambahkan minyak zaitun, minyak kelapa, dan lilin lebah. Panaskan semua bahan dalam api rendah. Lalu masukkan minyak vitamin E dari kapsul ke dalam campuran. Lalu biarkan campuran mendingin dan simpan dalam wadah. Anda bisa menggunakan krim malam ini hingga 3 bulan.

2. Lidah Buaya Night Cream

Kali ini persiapkan 2 sdm gel lidah buaya, 1 sdt minyak lavender, dan 1 sdt minyak primrose.

Cara membuatnya, ambil gel lidah buaya segar dan pindahkan ke dalam mangkuk. Tambahkan minyak lavender dan minyak primrose lalu campurkan semua bahan hingga rata. Simpan di dalam wadah untuk digunakan kapan pun Anda mau.

3. Krim susu

Persiapkan bahan 1 sdm susu cream, 1 sdt minyak zaitun, 1 sdt gliserin, dan 1 sdt air mawar.

Langkah pertama campurkan krim susu, minyak zaitun, gliserin, dan air mawar dalam mangkuk bersih hingga menjadi pasta yang halus. Lalu pindahkan ke dalam wadah kedap udara. Gunakan setiap malam secara teratur.

4. Krim Malam Almond

Pertama siapkan bahan 8 almond, 1 sdt bubuk cendana, 1 sdt kunyit, dan 1 sdt jus lemon.

Cara mengolahnya, cukup rendam almond dan biarkan semalam. Di pagi hari, hancurkan almond hingga menjadi pasta yang halus. Lalu tambahkan bubuk cendana, kunyit, dan beberapa tetes jus lemon ke dalam pasta almond. Aduk semua bahan hingga tercampur sempurna. Oleskan krim ini pada kulit Anda dan pijat perlahan sebelum tidur. Biarkan semalam dan bersihkan esok paginya.

5. Krim Gliserin

Bahan 1 sdm gliserin, 2 sdm air mawar, 1 sdm minyak almond, dan 1 sdm minyak kelapa.

Cara membuat, cukup campurkan minyak almond dan minyak kelapa lalu panaskan dalam api kecil. Kemudian angkat dan tambahkan gliserin serta air mawar. Anda dapat menyimpan campuran ini dalam wadah kedap udara dan aplikasikan di wajah setiap malam sebelum tidur.

(ce1/fid/JPC)