Gerakan Pramuka, Bantu Wujudkan Masyarakat Sehat

198

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Gerakan Pramuka dinilai selama ini turut memainkan peran penting, untuk membantu mendorong Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS), yang diintrusikan presiden Jokowi melalui Inpres no. 1 tahun 2017 dan ditindaklanjuti di Jawa Tengah dengan Pergub no. 35 tahun 2017 tentang GERMAS. Karena itu, tak berlebihan bila Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, memberikan penghargaan kepada Pinsaka Bakti Husada. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, dr Yulianto Prabowo, M.Kes mengatakan, Saka Bakti Husada, melalui kegiatan-kegiatannya turut membangun kesehatan masyarakat di Jawa Tengah.

“Sinergi gerakan Saka Bakti Husada kami nilai cukup membantu kami dalam membangun kesehatan, integritas Saka Bakti Husada berarti sama dalam menciptakan masyarakat yang lebih sehat” ungkap Yulianto Prabowo usai menyematkan pin penghargaan kepada Pembina Saka Bakti Husada, di Hotel Aston Inn, Rabu (5/9/18).

Hal itu, tambah Yulianto Prabowo diwujudkan dalam 6 krida yang menjadi nafas gerakan pramuka Saka Bakti Husada, yakni bina lingkungan sehat, bina keluarga sehat, bina gizi, bina pengendalian penyakit, bina obat, dan bina Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Enam krida Saka Bakti Husada ini sangat pas dengan Germas yang mengajak masyarakat salah satunya untuk melakukan kegiatan aktifitas fisik secara teratur dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan” tutur Kadinkes Provinsi Jateng ini.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwartir Daerah Jateng, Hernowo Budi Luhur dalam kesempatan yang sama mengatakan gerakan pramuka ini merupakan salah satu organisasi yang kegiatannya membentuk anggotannya untuk cinta tanah air, budaya dan berperilaku hidup sehat.

“Anggota pramuka Saka Bakti Husada, sudah barang tentu berperan aktif dan ikut dalam mewujudkan masyarakat Jawa Tengah yang lebih sehat,” kata Wakil Ketua Kwartir Daerah Jateng, Hernowo Budi Luhur.
Dia berharap dengan pemberian penghargaan kepada pembina Saka Bakti Husada ini, akan semakin memotivasi anggotanya untuk mengajak masyarakat lebih peduli terhadap kesehatan, salah satunya dengan mendorong masyarakat agar mengenyahkan asap rokok dan rutin mengkonsumsi buah serta sayuran. (ono/web/ap)