Wanda Hamidah: Aksi #2019GantiPresiden itu Makar, Pantas Ditertibkan

311

JawaPos.com – Belum lama ini, di beberapa daerah di Indonesia sedang ramai pembubaran aksi #2019GantiPresiden. Menanggapi pembubaran tersebut, artis sekaligus politikus Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Wanda Hamidah menyebut aksi itu sebagai praktik makar.

“Kalau makar, ya harus dibubarkan. Usaha pergantian presiden sebelum waktunya itu bagian dari makar. Kita kan sudah ada undang-undangnya, coba dibaca lagi di undang-undang seperti apa, dan memang nggak boleh dijalankan,” kata Wanda Hamidah di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (5/9).

Aksi rusuh tersebut kemudian dimaklumi oleh Wanda Hamidah. Dia justru pro tindakan kepolisian yang membubarkan aksi yang menggaungkan ganti presiden tersebut.

Wanda Hamidah: Aksi #2019GantiPresiden itu Makar, Pantas Ditertibkan
Ahmad Dhani, musisi yang menggelorakan gerakan #2019GantiPresiden. (Issak Ramadhan/JawaPos.com)

“Ketika aksi tersebut kemudian dijawab dengan masyarakat yang muak, polisi datang untuk melindungi. Kalau ada aksi yang pro-kontra, kepolisian sebagai pelindung kan harus bertindak. Masa diem aja, harus dilerai sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan,” lanjutnya.

Sebagai salah satu relawan Jokowi, Wanda Hamidah mengaku tak ambil pusing soal hashtag (tagar) tersebut. Dia dan teman-teman justru memfokuskan diri pada gerakan-gerakan positif jelang kampanye nanti.

“Silakan saja. Gini, kita nggak usah pusing dengan gerakan orang lain. Kita fokus aja sama hal-hal yang positif. Kita fokus pada kebaikan-kebaikan dan keberhasilan,” papar perempuan yang pro Jokowi sejak 2010.

Kemudian, Ketua DPW (Dewan Perwakilan Wilayah) dari Partai Nasional Demokrat itu mengimbau masyarakat, terutama generasi milenial untuk tidak termakan isu-isu panas. Sebaliknya, memilah setiap informasi yang diterima.

“Masyarakat terutama milenial harus membiasakan ketika ada berita harus mengkroscek kembali. Kampanye positif kita (nanti) akan ajarkan anak-anak kita untuk membiasakan memilih kandidat berdasar track record dan visi-misi ke depan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, aksi atau gerakan #2019GantiPresiden digagas oleh Mardani Ali Sera. Hashtag tersebut kemudian semakin populer sejak musisi Ahmad Dhani sering mengoarkannya.

(ce1/yln/JPC)