Perang Promo Akhir Tahun, ShopFest Targetkan Transaksi Rp 1,5 Triliun

480

JawaPos.com – Kuartal keempat dalam jangka waktu satu tahun, membuat e-commerce berlomba-lomba menawarkan promo dan diskon. Tentu saja, dimulai dari momen bulan Agustus hingga Desember, menjadi saat yang tepat bagi pengguna aplikasi belanja online untuk memborong aneka produk. Dimulai momen 8.8 (8 Agustus), 9.9 (9 September), 10.10 (10 Oktober), 11.11 (11 November), dan puncaknya Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 12.12 (12 Desember).

Deretan momen itu membuat e-commerce ‘perang’ promo untuk menarik perhatian pembeli. Salah satunya, Shopback Indonesia, platform gaya hidup yang mendorong masyarakat untuk dapat belanja online, resmi meluncurkan ShopFest 2018.

ShopFest 2018 merupakan kumpulan pesta belanja online akhir tahun terbesar di Indonesia, yang menggabungkan beragam promo terbesar di satu tempat. Sehingga, memberikan kemudahan serta memberikan keuntungan lebih kepada masyarakat yang berpartisipasi pada gelaran pesta belanja online akhir tahun.

Perang Promo Akhir Tahun, ShopFest Targetkan Transaksi Rp 1,5 Triliun
Shopback bersama para punggawa 3 E-Commerce besar yaitu Lazada, Shopee, dan Tokopedia. (Rieska Virdhani/JawaPos.com)

Dalam beberapa tahun terakhir, konsumen dimanjakan dengan beragam pilihan festival belanja online di kuartal keempat setiap tahunnya. Bahkan, berdasarkan data dari Google, pencarian mengenai festival belanja online dalam beberapa tahun terakhir meningkat hingga 4,5 kali lipat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini membuktikan, masyarakat semakin tertarik untuk berpartisipasi pada rangkain festival ini.

“Kuartal keempat menjadi battle field antar platform e-commerce di Indonesia untuk menggenjot transaksi di platform mereka dengan memberikan berbagai macam promo yang super fantastis hingga akhir 2018. Kuartal keempat ibarat Asian Games-nya para pelaku e-commerce untuk saling berkompetisi merebut hati masyarakat Indonesia untuk berbelanja online di platform mereka,” kata Co-Founder dan Country Head of Shopback Indonesia Indra Yonathan dalam konferensi pers, Senin (3/9).

Shopfest 2018 juga hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat berbelanja online, terutama saat pesta belanja online berlangsung. Shopfest 2018, merupakan kali kedua diselenggarakan di Indonesia, setelah sebelumnya sukses mendapatkan transaksi pembelian sebesar lebih dari Rp 700 miliar, dengan rata-rata belanja Rp 497.735. Rata-rata belanja ini pun mengalami peningkatan sebesar 17 persen dibanding dengan periode yang sama (Sep-Des) di 2016.

Target Belanja Hingga Rp 1,5 Triliun

Yonathan menambahkan, pola perilaku masyarakat yang mulai bergeser ke digital, membuat Shopback optimis, perhelatan Shopfest tahun ini dapat mendatangkan lebih banyak transaksi untuk mitra e-commerce. Tahun ini, Shopback memprediksi rata-rata belanja masyarakat di kuartal keempat akan meningkat 25-30 persen dibanding 2017.

“Karena itu, kami menargetkan nilai transaksi sebesar Rp 1,5 triliun selama Shopfest berlangsung, serta dapat memberikan cashback hingga 2 kali lipat dibanding tahun sebelumnya,” ungkap Yonathan.

Tidak hanya di Indonesia, Shopfest juga berlangsung di 7 negara di Asia Pasifik, termasuk Singapura, Malaysia, Taiwan, Thailand, Filipina dan Australia. Pada ajang Shopfest tahun ini, Shopback memberikan beragam informasi promo dan deals dari mitra serta tambahan diskon hingga 80 persen dan cashback hingga 120 persen di setiap pembelanjaan melalui aplikasi maupun situs Shopback. Bukan hanya promo di mitra e-commerce, Shopback juga menghadirkan program baru, ShopResto, berupa promo potongan hingga 50 persen di puluhan mitra restoran Shopback.

Lebih dari 200 mitra e-commerce, termasuk lima top e-commerce di Indonesia, seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Bukalapak turut berpartisipasi pada ShopFest 2018. Selain itu, ShopFest 2018 juga didukung oleh Bank Mandiri sebagai Official Bank Partner, Telkomsel sebagai Official Telco Partner dan GO-SEND sebagai Official Logistic Partner.

(ika/JPC)