Meriah, 2500 mahasiswa Karnaval OMB UKSW

182
JADI MAGNET : Para peserta karnaval yang melintasi jalan protokol Kota Salatiga menjadi magnet ribuan warga. (Dhinar Sasongko/Jawa Pos Radar Semarang)
JADI MAGNET : Para peserta karnaval yang melintasi jalan protokol Kota Salatiga menjadi magnet ribuan warga. (Dhinar Sasongko/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – Masyarakat Salatiga tumpah ruah di sepanjang jalan protokol yang dilalui barisan Karnaval Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Sabtu (1/9). Karnaval yang menempuh rute Jalan Diponegoro – Jalan Jendral Sudirman – Jalan Sukowati – Lapangan Pancasila ini diikuti setidaknya 2.500 mahasiswa UKSW.

Dalam sambutannya, ketua panitia OMB 2018 Elvira Hoesein Radia, mengungkapkan, karnaval tahun ini semakin meriah karena bersamaan dengan karnaval pembangunan Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga. Selain barisan karnaval OMB, juga dimeriahkan 55 peserta dari pemkot.

“Ada 2.500 mahasiswa baru ikut terlibat dalam karnaval ini, 2.200 adalah mahasiswa baru yang tergabung dalam barisan CS MarchingBlek, kostum karnival dan juga flag. Tiga ratus mahasiswa lainnya adalah mahasiswa lama yang juga terlibat menjadi panitia. Semoga karnaval ini bisa menjadi hiburan masyarakat Salatiga dan mahasiswa baru UKSW bisa berkenalan langsung dengan warga Salatiga,” imbuhnya.

Sementara itu, Pembantu Rektor III UKSW bidang kemahasiswaan Dr. Andeka Rocky Tanaamah, M.Cs yang melepas barisan karnaval OMB menuturkan bahwa UKSW dan Salatiga adalah satu.  “Momentum HUT Indonesia ini kita bisa bersama-sama membangun Indonesia, kita bisa menjaga Salatiga bersama. Kita tunjukkan Salatiga adalah kota yang beragam,” katanya.

CS MarchingBlek yang memakai kostum hitam menyita perhatian masyarakat lewat permainan drumblek yang diaransemen khusus menampilkan lagu “Kolam Susu” yang dipopulerkan oleh Koes Plus, “Imagine” yang dipopulerkan John Lennon, dan lagu “Padang Bulan”. Sementara itu, kostum yang mengangkat tema flora dan fauna juga menyita perhatian masyarakat. Tak sedikit warga yang memanfaatkan kesempatan ini untuk berfoto bersama.

Salah satu kostum yang menyita perhatian masyarakat adalah kostum Garuda. Kostum Garuda yang berwarna coklat ini ukurannya juga besar semakin menarik karena bagian sayapnya bisa digerakkan.

Barisan karnaval OMB juga berkesempatan menampilkan atraksi di depan panggung kehormatan di rumah dinas Walikota Salatiga. Disaksikan Rektor UKSW Neil Rupidara S.E., M.Sc., Ph.D; Wali Kota Salatiga H. Yulianto, dan juga Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan barisan menampilkan kebolehannya bermain drumblek, kostum dan juga barisan flag.  (sas/sct/zal)