Kawal Perbaikan Pengelolaan Limbah

148

RADARSEMARANG.COM, UNGARAN –DPRD Kabupaten Semarang membuka ruang pengaduan khususnya bagi warga Kelurahan Kupang Kidul, Kecamatan Ambarawa. Hal tersebut dilakukan untuk mengawal proses perbaikan pengelolaan limbah di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Ambarawa.

“Usai rapat dengar pendapat di dewan kemarin memutuskan jika pengelolaan limbahnya akan segera dibenahi dinas terkait, sehingga harus terus dikawal,” ujar Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Semarang, Bondan Marutohening, Minggu (2/9).

Selain itu, dalam rapat dengar pendapat antara warga, Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), masyarakat meminta supaya segera menghentikan pembuangan limbah di sungai.

Selama ini, aktivias pembuangan limbah kotoran dan darah hewan oleh RPH Ambarawa dilakukan di Sungai Penthung, Kelurahan Kupang Kidul. Meski begitu, DPRD Kabupaten Semarang menyerahkan sepenuhnya kepada dinas setempat terkait bagaimana perbaikan yang akan dilakukan.

“Yang terpenting tidak membuang limbahnya kembali ke sungai karena itu jelas pencemaran,” katanya. Diketahui pula jika kelalaian RPH Ambarawa lalai dalam penanganan IPAL (Instalasi Pengelolaan Air Limbah) RPH. (ewb/zal)