Ikuti Pelatihan Pendahuluan Bela Negara

Anggota Patroli Keamanan SMA Kesatrian I

180
LATIHAN : Anggota Patroli Keamanan SMA Kesatrian 1 Semarang foto bersama usai latihan di Lapangan Tembak Kodam IV/ Diponegoro Tembalang, Minggu (2/9). (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
LATIHAN : Anggota Patroli Keamanan SMA Kesatrian 1 Semarang foto bersama usai latihan di Lapangan Tembak Kodam IV/ Diponegoro Tembalang, Minggu (2/9). (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Puluhan anggota Patroli Keamanan SMA Kesatrian 1 Semarang mengikuti pendidikan pendahuluan bela negara. Kegiatan berlangsung pada Kamis – Minggu (30/8-2/9) di dua tempat yakni kampus SMA Kesatrian 1 dan lapangan tembak Kodam IV/ Diponegoro Tembalang. Sebelumnya, pada bulan April lalu, para anggota PKS ini telah mengikuti pembaretan dan pengambilan Wing Lantas.

Pembina PKS SMA Kesatrian 1 Semarang sekaligus Ketua Korps Mahadipa Kota Semarang, Pardi mengingatkan pentingnya pendidikan bela negara bagi generasi muda. Menurutnya, saat ini kesadaran untuk bela negara semakin berkurang. “Kami bisa melihat dari hal-hal sederhana di lingkungan sekitar kita seperti pelanggaran tata tertib lalu lintas yang sudah menjadi kebiasaan,” katanya.

Dia berharap, melalui Patroli Keamanan Sekolah ini pihaknya dapat berkontribusi dan turut serta dalam bela negara melalui tindakan nyata yang bisa dirasakan langsung oleh semua warga di lingkungan sekitar sekolah. “Kami ada anggota PKS yang tiap hari turut menjaga keamanan sekolah dan mengatur lalu lintas di depan sekolah,” ungkapnya.

Kepala SMA Kesatrian 1 Semarang, Tri Tjandra Mucharam turut mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini. Dia mendorong para siswa yang tergabung dalam Patroli Keamanan Sekolah ini, bisa menjadi pelopor ketertiban berlalu lintas dan turut menjaga keamanan lingkungan sekolah. “Minimal bisa menjadi contoh bagi siswa lainnya di sekolah,” tuturnya. (zen/sct/ida)