Beri Bekal Siswa Mandrasah Hadapi Bencana

156

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Pemerintah hingga kini terus berupaya memberikan pengetahuan khusus penanganan bencana bagi pelajar di sekolah, termasuk siswa di sekolah madrasah. Melalui penerapan program Sekolah Madrasah Aman dari Bencana (SMAB), maka Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Demak bersama Dinas Pendidikan Provinsi Jateng ikut membekali para guru dan siswa agar dapat terhindar dari bencana alam.

Kepala BPBD Demak, Agus Nugroho LP mengatakan, ada perubahan paradigma dalam  penanganan bencana. Menurutnya, jika sebelumnya respon penanganan bencana dilakukan setelah ada bencana, maka sekarang  bagaimana dampak bencana ini dapat diminimalisir dengan cara melakukan pelatihan pelatihan yang efektif bagi masyarakat, utamanya di lingkungan pendidikan.

“Kita lakukan pengurangan risiko bencana melalui pelatihan pelatihan,” katanya disela workshop di Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak Kota bersama Yayasan Pendidikan Luar Biasa (Yaspenlub).

Karena itu, kata dia, BPBD tidak hanya memberi bantuan saja, namun juga membantu meminimalkan korban jiwa dan kerugian material.  Agus menambahkan, dengan memberikan materi dan praktik langsung, maka masyarakat akan mampu mengantiisipasi bencana sejak dini. “Warga akan makin terlatih sehingga kemampuannya  juga bisa membantu warga lain dilingkungannya,”katanya. (hib/zal)