Aesthetic Ginekologi RSIA Anugerah, Pertama di Jateng

307
MEMAPARKAN : Ahli Aesthetic Ginekologi dari RSIA Anugerah Semarang, Indra Adi Susianto menyampaikan metode aesthetic dengan laser kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi, kemarin. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
MEMAPARKAN : Ahli Aesthetic Ginekologi dari RSIA Anugerah Semarang, Indra Adi Susianto menyampaikan metode aesthetic dengan laser kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi, kemarin. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Metode aesthetic kian berkembang. Dulu hanya digunakan untuk bagian wajah, sekarang bisa digunakan untuk bagian intim kewanitaan. Sesuai namanya, metode ini bisa memperbaiki area kewanitaan yang kendor pascamelahirkan ataupun mengalami menopause.

Ahli Aesthetic Ginekologi dari Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Anugerah Semarang, Indra Adi Susianto mengatakan bahwa hampir 80 persen wanita akan mengalami perubahan anatomi pada bagian kewanitaan, misalnya prolapse atau turunnya organ wanita, kendurnya otot vagina, sampai perubahan bentuk pada vagina. “Dengan metode ini, keluhan tersebut bisa diatasi. Metode terapinya menggunakan laser sehingga bisa merangsang otot yang ada dalam organ kewanitaan,” katanya saat launching Aesthetic Ginekologi, di RSIA Anugerah kemarin.

Metode easthetic ginekologi ini, lanjut Indra, adalah ilmu yang dikembangkan dalam bidang kebidanan dan kandungan. Cara kerjanya, memperbaiki secara langsung tanpa operasi pada bagian intim wanita yang mengalami disfungsi atau turunnya fungsi organ kewanitaan lantaran lapisan vagina menipis atau menopause. Selain itu, bisa memperbaiki saluran kemih yang melorot dengan ciri mengompol secara tiba-tiba jika tertawa ataupun kaget. “Turunnya fungsi kewanitaan ini bisa menyebabkan kanker karena PH yang ada di dalam organ intim mengalami penurunan dan bakteri lainnya bisa berkembang biak di dalam vagina,” tuturnya.

Metode penyembuhannya, katanya, dengan tindakan vaginal rejuvenation yang bisa mengencangkan, rekonstruksi organ intim, labia minora reduction, labia majora reduction, clitoral hood reduction dan hymenoplasty. Sedangkan alatnya hanya sekali digunakan untuk mencegah penyakit menular. Sementara untuk tenaga medis, RSIA Anugerah memiliki empat dokter yang sudah dilengkapi sertifikasi sehingga terjamin keamanannya. “Metode easthetic ginekologi ini dilakukan tanpa operasi, hanya 7 menit dengan 3 kali terapi penyembuhan dan akan bertahan selama 2 tahun seusai terapi,” tambahnya.

Terpisah Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi mengapresiasi metode tersebut. Apalagi baru pertama di Jateng, yakni di RSIA Anugerah. “Organ kewanitaan sangat vital, jadi harus dijaga. Kami selalu melakukan sosialiasi kepada kader PKK untuk bisa menjaga kebersihan organ kewanitaannya,” ujarnya.

Kebersihan organ kewanitaan, lanjut istri Wali Kota Semarang ini, bisa mencegah masuknya bakteri buruk sekaligus mencegah kanker. Kini, metode tersebut bisa turut menjaga dan menggugah wanita Semarang untuk lebih peduli terhadap organ kewanitaan. (den/ida)