200 Keluarga Terentas dari Bantuan

1043
TANPA SEKAT : Bupati Batang Wihaji turut berjoget bersama warga. (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)
TANPA SEKAT : Bupati Batang Wihaji turut berjoget bersama warga. (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Bupati Batang  Wihaji meluluskan 200 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH). Acar tersebut digelar cukup unik dan meriah dengan menggelar pentas musik di Lapangan Desa Kedungmalang, Kecamatan Wonotunggal, pada Minggu (2/9).

“Acara ini bagian dari semangat PKH untuk memotong generasi. Dengan meluluskan 200 KPM dari 33.400 PKH yang ada di Kabupaten Batang, semoga kedepan bisa lebih mandiri,” seru Wihaji.

Kini lulusan PKH sudah memiliki kelompok – kelompok usaha bersama bahkan usaha pribadi yang bisa menambah penghasilan  keluarganya, sehingga 200 PKM tersebut secara ikhlas tidak menerima lagi bantuan PKH dari pemerintah.

“Ini merupakan keberhasilan pendamping KPM untuk PKH, sehingga mereka mampu dan bisa keluar dari kemiskinan dan bisa hidup lebih sejahtera lagi,” ucap Wihaji bangga.

Ia juga berharap untuk tahun 2019 targetnya bisa lebih banyak lagi yang lulus, karena ini tantangan juga bagi pemerintah. Bagaimana pimpinan daerah bisa fokus memberdayakan masyarakat yang kurang mampu untuk bisa merubah nasibnya.

Menurut Wihaji, Pemkab Batang mempunyai tugas untuk melatih wirausaha sesuai dengan kemampuan, memfasilitasi memberikan pinjaman modal dengan bank dan memberikan pendampingan pemasaran agar produknya laku di pasaran.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Batang Djoko Tetuko mengatakan bahwa kegiatan kelulusan PKM PKH merupakan yang pertama kali di Kabupaten Batang.

“Kelulusan ini tidak bisa drastis jumlahnya, Karena harus ada kesadaran mereka sendiri dan pemkab hanya berupaya terus meningkatkan semangat hidup untuk berwirausaha agar bisa lebih sejahtera lagi dan tidak lagi menerima batuan PKH,” terang Djoko Tetuko.

Disampaikan juga bahwa Pendamping PKH Kabupaten Batang memiliki prestasi cukup bagus, karena menjadi pendamping terbaik di tingkat Jawa Tengah.  Dalam kegiatan gelegar PKH tersebut dihadiri oleh ribuan warga PKM se Kabupaten Batang, dikesempatan itu juga Bupati Wihaji memberikan doorprize berupa sapi.

Tak hanya itu bupati bersama istri ikut menghibur ribuan PKM  PKH dengan menyanyikan lagu dangdut. Tak kalah seru juga ikut berjoget di tengah ribuan warga. (han/zal)