Bacaleg Meninggal, PPP Siapkan Pengganti

134

RADARSEMARANG.COM, PATI – Seorang bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Kabupaten Pati dari PPP yang telah masuk daftar calon sementara (DCS) meninggal dunia. Bacaleg yang masuk daerah pemilihan (dapil) II tersebut rencananya akan diganti. Tim penghubung PPP sudah berkomunikasi dengan KPU.

Komisioner KPU Divisi Hukum, Supriyanto menjelaskan, sesuai aturan, bacaleg yang berhalangan tetap atau meninggal dunia boleh diajukan calon pengganti oleh partai pengusungnya. “Sesuai PKPU Nomor 20 Tahun 2018 disebutkan memnungkinkan bagi partai politik untuk mengganti calonnya yang meninggal dunia setelah DCS diumumkan,” kata Supriyanto kepada Jawa Pos Radar Kudus. Namun pengajuan itu ada batasannya, yaitu 13 hari sebelum KPU menetapkan daftar calon tetap (DCT).

Kemarin, lanjut Supri, tim penghubung sudah berkordinasi dan meminta petunjuk KPU Pati terkait mekanisme pergantian calon yang berhalangan tetap tersebut. KPU berharap, agar pengurus partai berlambang Kakbah tersebut sesegera mungkin melengkapi perbaikan persyaratan pencalonan. Termasuk melengkapi surat kematian dari dinas terkait. Kemudian, diusulkan calon pengganti yang baru. “Untuk ketentuan persyatannya sama dengan calon-calon yang lainnya. Semua harus dilengkapi sesuai ketentuan,” jelasnya.

Supriyanto menegaskan, dalam pergantian itu, parpol tak boleh mengubah atau menggeser nomor urut. Penggantinya harus menempati nomor urut calon yang meninggal dunia tersebut.

Ketua DPC PPP Kabupaten Pati Suwito mengungkapkan, pihaknya saat ini sudah mulai mengurus penggantian calon tersebut. Karena mekanismenya sama seperti pendaftaran bacaleg, diperlukan waktu untuk melengkapi berkas-berkas pendaftaran. ”Pengganti sudah kami siapkan. Tinggal mengurus berkas-berkas administrasi seperti di pengadilan negeri, dinas kependudukan dan pencatatan sipil dan juga melakukan tes kesehatan. Ya perkiraannya dalam pekan ini calon pengganti sudah kami daftarkan,” terang Suwito. (aua/him)