Manfaat Buah Labu untuk Rambut Lebih Halus dan Lembut

704

JawaPos.com – Untuk mendapatkan rambut yang sehat, halus dan berkilau, perlu untuk merawatnya secara teratur. Terlebih faktor lingkungan, polusi dan cuaca panas sering kali membuat rambut semakin kusam dan kering.

Dilansir dari Boldsky, Sabtu (1/8), segudang masalah pada rambut memang bisa diatasi dengan shampo dan vitamin, namun alangkah baiknya jika bisa menggunakan bahan alami yang lebih aman seperti buah labu. Labu dikemas dengan antioksidan, potasium, magnesium, dan vitamin penting lainnya.

Vitamin C yang terkandung dalam labu membantu dalam memperbaiki rambut rusak yang disebabkan karena paparan sinar matahari berlebihan. Sedangkan vitamin B dalam labu membantu melembabkan rambut, sehingga membuat rambut menjadi halus dan lembut. Lalu bagamana cara membuatnya?

Manfaat Buah Labu untuk Rambut Lebih Halus dan Lembut
Vitamin C pada labu mampu membantu atasi rambut rusak karena sinar matahari. Sedangkan, vitamin B dalam labu bisa membantu melembabkan rambut. (boldsky)

Bahan

1,5 cangkir jus labu, 1/4 cangkir minyak kelapa, dan 2 sendok makan madu.

Bagaimana Cara Mempersiapkan?

1. Potong labu menjadi potongan kecil dan parut untuk memeras airnya.

2. Tambahkan minyak kelapa ke dalam ekstrak labu. Jika minyak kelapa dalam bentuk padat, pastikan memanaskannya sebelum menambahkannya ke ekstrak labu.

3. Akhirnya, tambahkan madu murni ke dalam campuran.

4. Blender atau kocok semua bahan dengan bantuan blender atau pengocok telur.

5. Simpan campuran masker ini ke dalam botol kaca kedap udara dan menggunakannya sesuai keinginan. Ini akan bertahan hingga 2-3 hari jika disimpan di tempat yang dingin.

Bagaimana menerapkan?

1. Bagilah rambut menjadi 4-5 bagian untuk memudahkan aplikasi.

2. Mulai aplikasikan masker ke rambut. Terapkan dengan bantuan sikat rambut dari ujung dan naik ke akar.

3. Ikat rambut menjadi sanggul dan tutup dengan topi mandi.

4. Biarkan masker selama 20-30 menit. Setelah 30 menit, cuci bersih dengan sampo dan gunakan kondisioner.

(fid/JPC)