Ladies, Catat 5 Langkah Merawat Kuas Make-up Agar Tahan Lama

332

JawaPos.com – Untuk tampil cantik dengan sentuhan make-up, tentu kaum hawa tidak terlepas dari penggunaan kuas atau brush. Alat ini memudahkan untuk mengaplikasikan produk make-up ke wajah dengan rapi. Terdapat sekitar 20 lebih kuas yang memiliki kegunaan masing-masing, mulai dari aplikator blush on, eyeshadow hingga lipstik.

Dilansir dari Wiki How, Jumat (31/8), tak hanya sekedar digunakan, kuas juga perlu untuk dirawat. Terbuat dari bulu-bulu halus, kuas memang sensitif terhadap kotoran. Oleh karena itu, untuk menjaganya tetap bersih dan higienis, perlu melakukan beberapa langkah perawatan. Apa saja itu?

1. Hindari Posisi Tegak setelah Dicuci

Jangan simpan kuas dalam posisi tegak lurus saat mengeringkannya. Sebab, air akan meresap ke dalam poros, sehingga menyebabkan karat atau membusuk. Ini juga bisa menyebabkan lem kuas akan masuk ke dalam bulu-bulu yang akan menghilangkan elastisitasnya. Pastikan tunggu sampai benar-benar mengering baru letakkan dalam posisi tegak.

2. Jangan Keringkan dengan Hairdryer

Jangan gunakan pengering rambut atau hairdryer untuk mengeringkan kuas setelah dicuci. Paparan panas yang hebat dari pengering rambut atau flatiron akan merusak serat bulu bahkan jika seratnya alami sekalipun. Sebab, bulu sikat kuas mudah rapuh daripada rambut.

3. Keringkan di Sirkulasi Udara yang Baik

Keringkan kuas di area yang berventilasi baik. Jika mengeringkan di area tertutup, seperti kamar mandi, bulunya mungkin tidak mendapatkan aliran udara yang cukup, yang justru menyebabkan jamur. Ini akan menghasilkan bulu yang berbau apek.

4. Simpan Kuas dengan Benar

Saat kuas kering, simpan dengan baik di atas cangkir, atau letakkan di sisi mereka. Jangan simpan mereka mengarah ke bawah, atau bulu-bulunya akan menjadi bengkok. Jika ingin membawa kuas ke dalam tas, simpanlah dalam kotak sikat atau kantung khusus untuk menyimpannya.

5. Rajin Dibersihkan

Setelah dicuci dan menunggu kuas kering, berikan desinfeksi kuas dengan larutan cuka dan air. Jangan khawatir, aroma cuka yang kuat akan hilang setelah bulu-bulunya kering. Isi mangkuk kecil atau cangkir dengan dua bagian air dan satu bagian cuka. Putar sikat ke dalam larutan dan bilas dengan air bersih lalu keringkan.

(fid/JPC)