Musim Hujan Tak Lagi Jadi Masalah

219

RADARSEMARANG.COM, KEBUMEN-Pengeringan menjadi salah satu masalah yang ditemui pemilik usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sale pisang di Desa Sidomulyo, Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen. Saat musim penghujan, seringkali sale pisang yang dijemur tidak bisa kering dan ditumbuhi jamur hingga membusuk. Akhirnya, para pengusaha kecil ini mengalami kerugian.

Tapi sekarang, mereka tidak perlu khawatir lagi. Tim Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Semarang yang terdiri dari Syahid, Sidiq Syamsul Hidayat dan Ari Santoso memberikan bantuan berupa alat pengering sale yang bisa dikontrol suhu dan kelembabannya.

Ketua Tim Pengabdian, Syahid menjelaskan, alat pengering sale pisang ini berbeda dengan alat pengering yang sudah ada. Sebab alat ini tidak memakai pemanas tapi menggunakan prinsip refrigerasi atau pendingin seperti AC. ”Keunggulan dari pengering jenis refrigerasi adalah membutuhkan daya listrik yang lebih kecil dan hasil yang lebih baik dari pengering menggunakan pemanas,” kata Syahid.

Hasil yang didapatkan setelah diujicoba di mitra menunjukkan hasil yang memuaskan. “Hasil yang didapatkan sangat mirip dengan hasil pengeringan menggunakan cahaya matahari. Tingkat kekeringan, warna, bau dan rasa seperti hasil pengeringan menggunakan cahaya matahari.” kata Ketua UMKM Harum Manis Desa Sidomulyo Amir Tamyiz. (ton)