Mengenal Penyanyi Ananya Birla, Putri Pengusaha Kaya Asal India

281

JawaPos.com – Namanya Ananya Birla. Dia adalah seorang penyanyi, penulis lagu serta seorang pengusaha muda asal India. Ananya juga dikenal sebagai anak sulung dari seorang industrialis Kumar Mangalam Birla yang merupakan salah satu dari 10 orang terkaya di India berdasarkan Forbes. Sedangkan, ibunya adalah Neerja Birla yang merupakan keturunan generasi keenam dari keluarga Birla. Kini Ananya merilis single terbarunya.

Meskipun mungkin ada banyak penyanyi dan penulis lagu India yang berhasil di kancah internasional selama beberapa tahun terakhir, tidak ada yang melakukannya sama seperti penyanyi berusia 24 tahun ini. Ananya merupakan artis pertama dengan single platinum berbahasa Inggris di India.

Setelah single platinum Hold On dan Meant to Be, Ananya Birla kembali dengan pencapaiannya. Single terbarunya Circles yang dirilis Juni 2018 lalu, baru-baru ini sukses mendapatkan penghargaan platinum di India.

Ananya Birla – Livin’ The Life (Afrojack Remix) (YouTube/AnanyaBirlaVEVO)

Circles telah dirilis di seluruh dunia di UMG dengan dukungan dari label Island Records, Inggris dan telah ditonton sebanyak 9,2 juta kali di kanal YouTube.

Untuk merayakan keberhasilannya, Ananya berbagi mengenai perjalanannya sebagai penyanyi dan penulis lagu berbakat India. Serta, mengenai impian yang masih ingin dicapainya di masa depan.

“Gaya musik saya adalah Electro-pop, dengan penekanan pada musik pop. Dan musik yang saya ciptakan selalu terasa autentik dan didorong oleh emosi yang saya rasakan,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (31/8).

Ananya mencoba beberapa gaya berbeda dalam musiknya. Sejumlah lagu bersifat lebih akustik dan di lagu-lagu lain bereksperimen dengan menggabungkan beragam elemen tradisional India. Namun, dia tetap berusaha menyuguhkan musik yang jujur sesuai perasaannya.

“Meskipun musik saya telah berevolusi dan saya mengambil berbagai risiko baru, namun keaslian tetap menjadi hal utama dari semua musik yang saya buat. Semua musik saya berasal dari sumber yang begitu dekat dengan diri saya dan umumnya didasarkan pada pengalaman yang telah saya rasakan sendiri. Single terbaru saya Circles menampilkan semua hal tersebut,” paparnya.

Lagu ini ditulis bersama dengan Tom Man dan dedikasikan untuk sahabat. Anders Frøen a.k.a. Mood Melodies bekerja sama sebagai produser untuk single ini.

Pada tahun 2016, Ananya membuat debut musiknya dengan mirlis single internasionalnya Livin The Life. Ananya Birla tertarik dengan musik saat berusia 7 tahun. Sejak itu dia telah berlatih bermain alat musik santoor dan gitar secara otodidak. Karier musik Ananya dimulai pada tahun 2016, ketika dia menandatangani kontrak dengan Universal Music India.

Afrojack, DJ asal Belanda me-remix lagu Ananya Livin The Life dan berhasil membuat Ananya menjadi artis India pertama yang mendapatkan rilis di seluruh dunia dengan single mencapai lebih dari 14 juta penayangan di YouTube pada Juni 2017.

Setelah merilis single perdananya Livin The Life, lagu keduanya, Meant To Be mendapatkan platinum. pada usia 17 tahun, Ananya mendirikan Svantantra, sebuah lembaga keuangan mikro yang memberikan pinjaman kepada wanita pedesaan berpenghasilan rendah untuk membantu mereka mengembangkan bisnis.

Setelah menempuh pendidikan di Universitas Oxford, Ananya kembali ke India dan mendirikan MPower, sebuah inisitiaf kesehatan mental yang bertujuan untuk memberikan bantuan kepada penderita penyakit mental dengan pusat perawatan kelas dunia. Bersama tim-nya, Ananya menjalankan sejumlah kampanye, acara, dan inisiatif. Seperti tahun lalu, dia mengadakan sebuah konser yang dihadiri lebih dari 20 ribu orang.

Ananya juga memiliki situs web fashion mewah bernama CuroCarte.com yang merupakan situs web e-commerce untuk produk buatan tangan yang berasal dari lebih dari 12 negara. Gaya andalannya sehari-harinya adalah menggunakan kaos putih polos, kemeja kota-kotak, jeans robek, sepatu putih, dan parfum.

(ika/JPC)