Jalan Sehat Meriahkan HUT SMAN 1 Demak

220
MERIAH: Kepala SMAN 1 Demak Suntono MPd melepas kegiatan jalan sehat kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
MERIAH: Kepala SMAN 1 Demak Suntono MPd melepas kegiatan jalan sehat kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – SMAN 1 Demak telah menapaki usianya yang ke-54 tahun. Sekolah yang terletak di Jalan Sultan Fatah Nomor 85 Kota Demak  ini berdiri pada 1964. Kepala SMAN 1 Demak, Suntono MPd mengungkapkan,  saat ini jumlah siswa mencapai 1.307. Mereka terbagi dalam rombel 36 kelas. Jurusan MIPA ada 29 kelas. Sedangkan, IPS 7 kelas.

Berbagai prestasi pun diraih sekolah ini. Diantaranya, peringkat nilai ujian nasional (UN) terbaik serta banyaknya siswa yang diterima diperguruan tinggi negeri (PTN) dengan persentase 41,43 persen. Mereka diterima lewat SNMPTN sebanyak 35 siswa. Kemudian, jalur SBMPTN 34 siswa, UM/SM 10 siswa, Poltekes 33 siswa, Polines 23 siswa, PTKIN 33 siswa, STAN 6 siswa.

Menurutnya, prestasi para siswa antara lain banyak didukung oleh pembiasaan pembiasaan yang dapat mengembangkan kemampuan siswa baik dari sisi akademik maupun non akademik. “Mereka kita biasakan membaca Asmaul Husna tiap pagi,” katanya.

Selain itu, para siswa juga didukung pula dengan kegiatan literasi kelas, gerakan aksi untuk lingkungan (Gaul), karya tulis anak bangsa (Kataba), gelar aksi untuk literasi, berkarya dan berkreasi ( gaul berdasi) serta riset, edukasi, literasi dan lingkungan (Relli).

Yang menarik, ada juga kegiatan satu guru satu buku dan satu bulan satu buku (sagu sabu sabu sabu) dan semua dipungut (semut). “Sekolah ini terakreditasi A dengan nilai 97 serta meraih manajemen ISO 9001: 2008 dan SPMI,” katanya.

Untuk mengevaluasi semua kegiatan siswa disekolah, SMAN 1 Demak telah memakai sistem computer basic test (CBT). Berbagai penghargaan juga diperoleh. Seperti, juara 1 Duta Genre jalur pendidikan 2018, pertukaran pelajar antar pulai di Kalimantan Barat, juara 1 pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalulintas Provinsi Jateng 2018 dan masih banyak lagi. “Untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris siswa, kita datangkan langsung tutor dari Amerika Serikat yaitu, Sarah Wazniak. Tutor ini mendampingi selama 10 bulan,” ujarnya.

Sementara itu, untuk memeriahkan HUT SMAN 1 Demak tersebut, kemarin dilakukan jalan sehat bersama serta diramaikan dengan berbagai lomba. Seperti, lomba dance, mengecat tembok, estafet air, mobile legend, olimpiade sains nasional tingkat sekolah, festival musik  dan vidgram. (hib/sct/bas)