Dukung Perpustakaan dengan Pohon Salak

296
MINAT BACA : Bupati Magelang Zaenal Arifin (ketiga dari kiri) menyerahkan penghargaan pada Perpustakaan Muda Bhakti yang akan maju ke lomba tingkat nasional. (Humas Pemkab Magelang for JP Radar Kedu)
MINAT BACA : Bupati Magelang Zaenal Arifin (ketiga dari kiri) menyerahkan penghargaan pada Perpustakaan Muda Bhakti yang akan maju ke lomba tingkat nasional. (Humas Pemkab Magelang for JP Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MUNGKID – Perpustakaan Muda Bhakti di Dusun Purwosari, Desa Ngablak, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang maju mengikuti lomba perpustakaan desa terbaik di tingkat nasional. Pada 4-7 September 2018 mendatang, pengelola perpustakaan harus melakukan presentasi di depan dewan juri.

Ketua Perpustakaan Muda Bhakti Milta Elisa mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan bahan-bahan yang akan dipresentasikan dalam ajang lomba perpustakaan desa tingkat nasional tersebut. “Contohnya seperti ‘Kader Baca’ sebagai salah satu program regenerasi di perpustakaan kami. Dalam hal ini kita mengajak PKK dan Karang Taruna,” kata Milta saat menerima kunjungan Bupati Magelang Zaenal Arifin, Kamis (30/8).

Pengelola juga memiliki program ‘Salak Pustaka’ yang merupakan program dari masyarakat untuk Perpustakaan Muda Bhakti. Program lainnya ada pojok-pojok baca, kedai baca, dan sulut pustaka. Hingga saat ini Perpustakaan Muda Bhakti telah memiliki sekitar 5.000 koleksi buku.

“Program salak pustaka, karena satu keluarga di sini menghibahkan satu pohon salak beserta hasilnya untuk menunjang kegiatan yang ada di perpustakaan,” terang Milta.

Zaenal Arifin mengatakan, suksesnya Perpustakaan Muda Bhakti ini tidak lepas dari seorang tokoh sepuh, Muhadi, yang mendorong masyarakat untuk mendirikan perpustakaan. Keberadaan perpustakaan ternayat memberikan manfaat bagi masyarakat di lereng Gunung Merapi.

“Pastinya perpustakaan ini sudah masuk dalam 6 besar di tingkat nasional. Dan insya Allah perpustakaan ini kita berharap bisa keluar menjadi juara pertama,” harap Zaenal. (had/ton)