Tumbuhkan Nasionalisme Lewat Lagu Kebangsaan

1183

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG – Meski baru pertama kali digelar, festival band untuk pelajar dan pemuda Temanggung memperingati HUT ke-73 RI oleh Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Temanggung, Sabtu-Minggu (25-26/8) di Gedung Pemuda Temanggung berlangsung cukup semarak.

Ketua panitia festival band 2018, Yamno mengatakan, festival band kali ini diikuti 35 kelompok, terdiri dari grup kategori pelajar dan pemuda (umum). Untuk grup pelajar ada 14 dan grup umum ada 21.

“Respon pelajar dan pemuda cukup bagus, berarti potensi dan pecinta musik band di Temanggung cukup banyak,” ucap Yamno usai penutupan festival band, Minggu (26/8) malam. Acara juga dimeriahkan bazar dan pameran sebanyak 19 stan.

Ketua DPD KNPI Temanggung Muhammad Masthur menuturkan, dalam lomba ini ada lagu wajib yang harus ditampilkan oleh peserta yakni Indonesia Pusaka, Satu Nusa Satu Bangsa, Merah Putihku (Kotak).

Lagu lainnya, Bendera (Coklat) dan Gebyar-gebyar (Gombloh). “Dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan kami berharap bisa tumbuh nasionalisme-nya,” klaimnya.

Ketua Majelis Pemuda Indonesi (MPI) Temanggung, Tomy Eko Kartika mengapresiasi kegiatan yang digagas DPD KNPI Temanggung yang berjalan lancar.

Sementara itu, Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo yang menyaksikan jalannya lomba memberikan motivasi kepada pelajar dan pemuda agar menjauhi narkoba dan tertib hukum.

Dalam festival band tersebut keluar sebagai juaranya, untuk kategori pelajar, grup band Why Not (SMK Swadaya Temanggung), juara II SMAN 3 Temanggung dan juara III SMAN 1 Pringsurat. Adapun kategori umum, juara I dimenangkan grup band Free Diary, juara II grup band Distorsy dan juara III grup band Sekar Wangi. (san/lis)