Diikuti 141 Stan UMKM

712

RADARSEMARANG.COM, MUNGKID – Sebanyak 141 stan disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang dalam pameran Semarak Gemilang dan Gebyar Pendidikan 2018, Rabu-Kamis (29-31/8) besok di Lapangan Soepardi Kota Mungkid.

Pameran bertujuan untuk mempromosikan produk UMKM yang ada di Kabupaten Magelang. Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Magelang, Asfuri, Senin (27/8) kemarin menjelaskan, kegiatan pameran ini merupakan kerja sama Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang.

Asfuri mengatakan, pameran juga merupakan salah satu rangkaian untuk memperingati HUT ke-73 RI.

Asfuri menjelaskan, pameran untuk mempromosikan produk-produk UMKM agar lebih dikenal oleh publik. Selain itu, untuk mempermudah dalam membangun kemitraan atau akses dengan seluruh stakeholder.

“Jumlah stan yang akan pameran, nantinya sebanyak 141 stan, terdiri dari stan produk pendidikan, UMKM makanan, UMKM kerajinan, UMKM fashion batik, produk pertanian, perkebunan, dan kehutanan, dan produk perikanan,” paparnya.

Hingga saat ini menurutnya, terdapat sekitar 106.000 lebih UMKM yang ada di Kabupaten Magelang. Beberapa produk UMKM unggulan dari Kabupaten Magelang, berhasil menembus pasar ekspor, antara lain, kopi ngrancah, batik, kerajinan bambu, dan olahan ketela. (had/lis)