5 Rumah Terbakar, Rugi Ratusan Juta

351

RADARSEMARANG.COM, WONOSOBO – Peristiwa kebakaran dalam beberapa pekan terakhir masih terus melanda Wonosobo. Kali ini, si jago merah melahap lima rumah warga Kelurahan Bumireso, Kecamatan Wonosobo Senin (28/8) pagi. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik. Dari lima rumah yang terbakar, satu di antaranya nyaris ludes tak tersisa.

Rumah warga yang terbakar adalah milik Jamil, Minarto, Muzamil, Haryono, dan Juwar. Jamil, 71, salah satu korban mengatakan saat kejadian sekitar pukul 13.00, dirinya bersama istri sedang makan siang. Tiba-tiba mendengar seperti ledakan kecil dari rumah satunya yang juga miliknya.

“Lalu saya lihat. Saat saya masuk, ternyata ada api di saklar listrik. Api itu masih kecil. Saya lalu mengambil air untuk menyiram. Saat saya kembali api sudah merembet ke bagian atas rumah. Api membesar dan saya langsung minta tolong warga sekitar,” kata Jamil.

Bangunan rumah yang delapan puluh persen masih menggunakan kayu itu tidak menunggu waktu lama dilalap si jago merah. Menurut Minarto, saat itu mendengar suara minta tolong dari rumah sebelah langsung keluar rumah untuk memastikan keadaan. Melihat api sudah membesar di sisi belakang rumah, dirinya ikut membantu memadamkan api dengan peralatan sederhana.

“Saat mendengar teriakan bapak dari rumah sebelah, saya bergegas keluar rumah. Melihat api sudah membesar, saya berlari sambil teriak minta tolong pada warga yang lain dan langsung mengambil dan ember di sebelah rumah. Tapi api begitu cepat membesar, warga berdatangan ikut membantu tetap tak mampu dipadamkan,” jelasnya.

Api menjalar begitu cepat membakar rumah di samping-sampingnya. Untunglah petugas pemadam kebakaran segera tiba. Sekitar 1 jam kemudian api dapat dipadamkan.

Camat Wonosobo, Zulfa Akhsan Alim yang saat itu langsung meninjau lokasi mengatakan kerugian ditaksir mencapai Rp 113 juta. Termasuk uang Rp 13 juta milik Jamil yang rencananya digunakan untuk mendaftar haji ikut terbakar. (cr1/lis)