Puskesmas Rawat Inap Harus Direalisasikan

452

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Kalangan anggota DPRD Kota Magelang mendesak agar puskesmas dengan fasilitas rawat inap segera hadir di Kota Magelang. Pasalnya, keberadaan puskesmas rawat inap sangat diperlukan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Paling tidak hadirkan percontohan puskesmas rawat inap di salah satu kecamatan saja dulu. Saya kira untuk masalah pembangunan atau renovasi puskesmas bisa dilakukan untuk menuju puskesmas rawat inap. Mungkin bisa di kecamatan Magelang Selatan, karena lahannya memenuhi,” ujar anggota Komisi B DPRD Kota Magelang, Waluyo, Jumat (24/8).

Waluyo menuturkan, keberadaan puskesmas rawat inap sangat diperlukan mengingat pelayanan kesehatan RSUD Tidar pun masih dalam proses pembangunan. Selain itu, RSUD Tidar menjadi rujukan bagi para pasien di eks Karesidenan Kedu.

“Sehingga RSUD dipastikan ramai. Keberadaan puskesmas rawat inap di tiap kecamatan untuk menjangkau masyarakat, agar mempermudah akses pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Ini penting karena hampir seluruh kota/kabupaten sudah memiliki puskesmas rawat inap, sedang Kota Magelang belum,” beber Waluyo.

Waluyo menegaskan, Komisi B DPRD sejak dulu sudah mendorong Pemkota Magelang untuk segera merealisasikan keberadaan puskesmas rawat inap. Bahkan pihaknya telah mengusulkan dalam anggaran tahun 2019 mendatang.

“Yang menjadi catatan bahwa anggaran yang akan ditetapkan besok, baik APBD Perubahan 2018 maupun APBD 2019, harus memprioritaskan pada sektor kemasyarakatan. Kurangi membangun yang tidak perlu, utamakan yang menyasar pada masyarakat,” tandas Waluyo.

Sekretaris Komisi C DPRD Kota Magelang sekaligus anggota Banggar, Sallafudin mendukung keberadaan puskesmas rawat inap sebagai kemudahan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kami berharap pemkot bisa lebih memprioritaskan APBD yang menyasar pada skala prioritas dan juga langsung dirasakan masyarakat. Bisa juga keberadaan puskesmas rawat inap segera direalisasikan,” ujar Sallafudin. (had/ton)