Empat Begal ABG Beraksi di Undip

Korban Dipepet dan Dibacok

464

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Aksi penjahat jalanan kembali marak di Kota Semarang. Terbaru, korbannya mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip), Trisnata Rahman, 21, warga Kebonsawahan, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati. Ia dibacok kepalanya oleh kawanan begal. Ironisnya, empat pelaku yang berhasil ditangkap masih di bawah umur, bahkan tiga di antaranya masih duduk di bangku SMP.

Iya sudah tertangkap, empat orang masih di bawah umur. Penanganan diserahkan ke Polsek Tembalang,” ujar Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abioso Seno Aji kepada Jawa Pos Radar Semarang di Mapolrestabes Semarang, Jumat (23/8) kemarin.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, korban  Trisnata Rahman masih berstatus mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Undip angkatan 2015. Ia indekos di Kecamatan Tembalang.

Peristiwa itu dialami korban saat keluar dari ruang laboratorium kompleks Kampus Undip Tembalang, Jumat (23/8) sekitar pukul 00.15. Saat itu, korban mengendarai sepeda motor sendirian. Saat melewati Gedung Fakultas Peternakan Undip, tanpa rasa curiga, korban diikuti empat pemuda dari belakang yang juga mengendarai sepeda motor.

Saat melintas di depan gedung Jurusan Teknik Industri Kampus Undip, sepeda motor korban dipepet dua pelaku. Bahkan, salah satu pelaku yang membonceng langsung menyabetkan senjata tajamnya ke arah korban hinngga mengenai bagian kepalanya.

Meski dalam kondisi terluka, korban masih tetap mengendarai motornya. Ia  kembali ke kampus Teknik Mesin untuk meminta pertolongan. Satpam dan mahasiswa yang mengetahui kejadian itu langsung mengejar para pelaku. Oleh rekannya, Trisnata langsung dilarikan ke Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) untuk mendapatkan perawatan medis.

Akibat kejadian ini, korban harus mendapatkan tujuh jahitan di bagian kepalanya. Aparat kepolisian yang menerima laporan, langsung menuju lokasi kejadian dan melakukan penyisiran. Hingga akhirnya berhasil menangkap dua pelaku.

Setelah dilakukan pengembangan, dua pelaku lainnya berhasil diringkus pada Jumat (23/8) sekitar pukul 15.00. Keempat berandal ABG tersebut berinisial AEI, 15; DRR, 15; VKC, 15, dan RMS, 15, yang semuanya warga Kecamatan Banyumanik.

“Yang tiga masih sekolah SMP, satunya sudah drop out (DO). Pelaku utamanya yang sudah drop out. Dia yang yang membacok,” kata Kanit Reskrim Tembalang, AKP Haryono, saat dihubungi kemarin.

Selain mengamankan empat remaja tersebut, petugas juga menyita barang bukti sepeda motor milik pelaku yang diduga sebagai sarana aksi kejahatan. Dari kasus ini, mereka dianggap melakukan aksi kejahatan percobaan pencurian dengan kekerasan (curas). (mha/aro)