Daging Kurban Dibikin Abon

407
PEDULI : Direktur RS PKU Muhammadiyah Temanggung Edi Sumarwanto menyerahkan paket daging kurban kepada tukang loper koran. (AHSAN FAUZI/RADAR KEDU)
PEDULI : Direktur RS PKU Muhammadiyah Temanggung Edi Sumarwanto menyerahkan paket daging kurban kepada tukang loper koran. (AHSAN FAUZI/RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG – Keluarga besar RS PKU Muhammadiyah Temanggung melaksanakan penyembelihan hewan kurban di komplek RS PKU Muhammadiyah Temanggung, Kamis (23/8). Sebagian daging akan dibuat abon dan dikirim untuk membantu korban bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Direktur RS PKU Muhammadiyah Temanggung Edi Sumarwanto menuturkan, pada Idul Adha tahun ini, pihaknya menyembelih 3 ekor kambing dan 4 ekor sapi. Seekor sapi di antaranya merupakan pemberian dari sebuah Bank Syariah Mandiri. Sementara lainnya merupakan iuran dari 110 karyawan. “Memang kita memprogramkan, menabung atau menyisihkan uang yang secara khusus diperuntukan kurban,” ucap Edi.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Edi, hampir 30 persen karyawan RS PKU Muhammadiyah Temanggung tahun ini berkurban. “Jadi, selain yang disembelih di sini (RS PKU Muhammadiyah Temanggung, red), mereka juga melaksanakan kurban di kampungnya atau lingkungannya masing-masing,” ungkapanya.

Seekor sapi, dagingnya akan dibuat abon. Selanjutnya akan dikirim ke Lombok. “Besok tanggal 28 Agustus, kita akan kirim satu tim medis ke Lombok. Dalam kesempatan itu, selain membawa ambulans, peralatan dan obat-obatan, nanti sekaligus membawa abon tersebut,” urainya.

Sementara itu, Grand Manajer BSM Temanggung, Agus Setiawan menuturkan, BSM mempunyai program, BSM Mengalirkan Berkah melalui momentum Idul Adha iniTtahun ini, BSM Temanggung berkurban 1 ekor kambing dan 1 ekor sapi. “Satu kambing kita serahkan ke Yayasan Fi ahsani Taqwim dan satu ekor sapi kita serahkan ke PKU Muhammadiyah Temanggung. Di luar ekspetasi ternyata ada program peduli Lombok, kami sangat senang sekali. Semoga bermanfaat bisa menolong saudara kita di sana,” jelasnya. (san/ton)