Campurkan Minyak Zaitun dengan 3 Bahan Dapur untuk Atasi Rambut Rontok

1063

JawaPos.com – Rambut rontok dapat terjadi pada siapa saja. Selain faktor usia, kerontokan rambut sering terjadi karena faktor air yang digunakan saat mandi, serta polusi, dan ketombe. Untuk mengatasi masalah ini yang paling mudah adalah menggunakan produk shampo dan vitamin yang tepat.

Namun seperti dilansir dari Boldsky, Selasa (21/8), terdapat bahan alami yang bisa digunakan untukĀ mengatasi kerontokan rambut secara efektif. Salah satunya dengan minyak zaitun atau olive oil. Kaya akan antioksidan, minyak zaitun membantu mencegah segala jenis kerusakan pada rambut. Sehingga menjaga rambut dan kulit kepala Anda tetap sehat.

Selain itu minyak zaitun juga mengandung nutrisi penting dan lemak yang akan membantu dalam mencegah kerusakan rambut karena asam lemak omega-6 yang terkandung di dalamnya.

manfaat minyak zaitun, solusi rambut rontok, tips atasi rambut rontok,
Ilustrasi rambut rontok. (Istimewa)

Berikut adalah beberapa solusi menggunakan minyak zaitun dalam merawat kerontokan rambut secara efektif.

1. Minyak Zaitun dan Jahe

Jahe memiliki sifat pemanasan yang merangsang kulit kepala dan ketika digunakan dengan minyak zaitun, dapat membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Pada akhirnya akan membantu pertumbuhan rambut.

Siapkan 1 sdm minyak zaitun dan 1 sdm pasta jahe. Blender sepotong jahe segar hingga halus. Tambahkan minyak zaitun ke dalamnya dan campurkan kedua bahan dengan baik. Mulailah menerapkan ini pada kulit kepala Anda dan pijat dengan lembut. Lanjutkan memijat selama 5 menit setelah menutupi seluruh kulit kepala Anda.

Biarkan selama 30 menit dan biarkan minyak bekerja. Setelah 30 menit, bersihkan rambut Anda dalam air dingin atau hangat bersama sampo ringan bebas sulfat. Ulangi obat ini setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

2. Minyak Zaitun Dan Bawang Putih

Sifat antimikroba dari bawang putih membantu dalam mengobati segala jenis infeksi kulit kepala sehingga menjaga kulit kepala tetap sehat. SiapkanĀ¼ cangkir minyak zaitun dan segenggam bawang putih. Caranya kupas kulit bawang putih dan campurkan bersama dengan minyak zaitun. Sekarang mulailah menerapkan pasta ini pada kulit kepala. Biarkan campuran selama 45 menit dan kemudian bilas menggunakan sampo ringan bebas sulfat. Jika Anda ingin hasil yang lebih baik, Anda dapat menggunakannya setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

3. Minyak Zaitun Dan Kayu Manis

Kayu manis memiliki sifat antijamur, antivirus dan antioksidan. Ini juga membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah dan membantu pertumbuhan kembali rambut.

Siapkan 1 sdm minyak zaitun dan 1 sdm cinnamon serta 1 sdm madu. Caranya ambil mangkuk bersih dan tambahkan minyak zaitun, bubuk kayu manis serta madu. Campur semua bahan dengan baik dan menerapkannya pada rambut dan kulit kepala Anda.

Biarkan campuran tetap selama 15 menit. Anda bisa menutupi rambut dengan topi mandi. Setelah 15 menit, bilas dengan air hangat dan sampo bebas sulfat. Ulangi ini setidaknya 1-2 kali dalam seminggu.

(fid/JPC)