Harga Ayam Potong Merosot

1109
TURUN HARGA : Pedagang daging ayam sedang melayani konsumen. (DWI ASTUTI ASIH / RADAR KEDU)
TURUN HARGA : Pedagang daging ayam sedang melayani konsumen. (DWI ASTUTI ASIH / RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Harga ayam potong di Pasar Rejowinangun mengalami penurunan drastis menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah. Sementara itu, harga daging sapi belum mengalami kenaikan.

Pedagang daging ayam, Marni, menyebut harga daging ayam kini ada dikisaran Rp 32-33 ribu per kilogram. Padahal sebelum ini, harga per kilogramnya bisa mencapai Rp 40 ribu. Ia mengaku penurunan ini sudah terjadi beberapa hari lalu. “Kalau mau jual harga lebih dari Rp 33 ribu pun saya tidak berani, karena memang harga ayam dari tengkulaknya sudah mengalami penurunan,” ungkapnya.

Meski demikian, ia tak berniat menambah stok dagangan. Sebab, permintaan pasar masih sulit diprediksi. Namun, ia merasakan jika barang dagangannya lebih cepat habis dari hari biasanya.

“Saya sehari biasa jual 40 ekor atau sekitar 1 kuintal lebih sedikit,” akunya.

Seorang pembeli daging ayam, Asih, merasa lega mengetahui harga daging ayam kembali normal. Wanita pemilik warung makan ini mengaku sudah tidak kesusahan lagi untuk menetapkan harga jual daging olahannya. “Saya sudah tidak perlu mengurangi jumlah belanjaan lagi,” ungkap Asih.

Sementara itu, seorang pedagang daging sapi menyebutkan, Benok Setiati menuturkan, harga daging sapi pada H-3 menjelang Lebaran tidak mengalami perubahan. Yakni Rp 115 ribu per kilogram untuk kualitas nomor satu. “Biasanya saya bisa menjual 10 kilogram per hari. Mungkin besok (Idul Adha, Red) angkanya sedikit menurun, tapi itu tidak masalah selama saya tidak mengalami kerugian,” tutur Benok. (mg23/mg24/mg26/put/lis)