Bagas-Bagus Bersiap ke Piala AFC U-16

2143
SISWA PAKET C : Pemain Timnas U-16 Bagas dan Bagus berpamitan dengan Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina dan guru-gurunya di PKBM Kuncup Mekar Kota Magelang, Senin (20/8). (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)
SISWA PAKET C : Pemain Timnas U-16 Bagas dan Bagus berpamitan dengan Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina dan guru-gurunya di PKBM Kuncup Mekar Kota Magelang, Senin (20/8). (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Dua pemain tim nasional (timnas) Indonesia U-16 asal Magelang, Amiruddin Bagus Kaffi Alfikri dan Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi, Senin (20/8), berpamitan dengan segenap guru dan rekan-rekannya di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Kuncup Mekar Kota Magelang. Keduanya akan kembali ke pemusatan latihan untuk persiapan menghadapi Piala AFC U-16 di Malaysia, September mendatang.

Bagas-Bagus ditemani kedua orang tuanya, Yuni Puji Istiono dan Ari Susanti, mendatangi PKBM untuk sungkem dan minta restu pada Kepala PKBM Kuncup Mekar, Tien Ary Prihartanti dan para guru. Dalam kesempatan tersebut, hadir juga Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina, Dirut Bank Magelang Hery Nurjianto dan Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Arm Kukuh Dwi Antono.

Bagus mengaku sangat senang belajar di PKBM karena guru dan rekan-rekannya baik serta tidak pernah membeda-bedakan. Bagus juga berkomitmen untuk terus belajar di PKBM Kuncup Mekar ini sampai lulus Paket C nanti. “Guru-gurunya asyik, menerima kami dengan baik. Belajarnya juga santai, tapi serius,” kata Bagus.

Bagus dan Bagas menerima sejumlah nasehat dari para gurunya. Seperti tidak melupakan belajar, rajin belajar, dan menjauhi narkoba. “Bu guru berpesan agar dekat dengan agama dan jangan lupa salat. Insya Allah pesan-pesan beliau akan selalu saya ingat,” beber Bagus.

Kepala PKBM Kuncup Mekar Tien Ary Prihartanti mengaku bangga dengan prestasi yang berhasil ditorehkan Bagas-Bagus bersama timnas. “Mereka bisa menginspirasi murid lainnya untuk ikut berprestasi. Prestasi ini juga bisa mengangkat nama baik PKBM Kuncup Mekar sekaligus mengesampingkan kesan PKBM yang dinilai terpinggirkan,” imbuh Tien.

Bagas dan Bagus kini duduk di Kelas X1 paket C. Teman seangkatannya ada 81 orang. Selama ini kegiatan pembelajaran Bagas-Bagus dilakukan secara online karena keduanya sibuk di luar kota. Namun ketika menempuh ujian, keduanya harus datang ke sekolahan. “Berbeda ketika masih Paket B, ketika ujian mereka tidak bisa pulang tetapi diurus oleh PSSI secara langsung di Jakarta,” beber Tien.

Setelah lulus Paket B, Bagas-Bagus sempat masuk SMA N 5 Magelang, tetapi hanya dalam jangka waktu 3 bulan. Kemudian, keduanya masuk ke PPLP Medan, namun tidak kerasan dan kembali ke PKMB Kuncup Mekar. (mg27/mg31/had)