Warga Gelar Pawai dan Resmikan Jembatan

147
MERIAH - Kades Gringsing Awali Naim saat melepas peserta jalan santai RW 03 Desa Gringsing Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang, Minggu (19/8). (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)
MERIAH - Kades Gringsing Awali Naim saat melepas peserta jalan santai RW 03 Desa Gringsing Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang, Minggu (19/8). (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Semarak menyambut Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI disambut meriah semua lapisan masyarakat dengan berbagai. Warga RW 03 Desa Gringsing Kecamatan Gringsing tidak mau kalah dengan mengadakan jalan santai dan meresmikan jembatan.

“Selain pawai dan jalan santai, kebetulan sekalian syukuran peresmian Jembatan Kali Talang yang baru,” ucap Ketua panitia yang juga perangkat desa Chamidah, Minggu (19/8).

Jalan santai yang rutenya mengelilingi desa diringi oleh kesenian tradisional angklung. Sepanjang pawai, warga yang ikut tidak cuma jalan tapi juga berjoget ria tanpa malu-malu.

Warga setempat, ternyata merancang kegiatan selama setahun. Untuk meringankan biaya, sengaja secara bertahap warga mengumpulkan dana lewat jimpitan seminggu sekali yang dikumpulkan oleh sukarelawan. “Setelah setahun terkumpul akhirnya kami bisa mengadakan acara meriah ini sekaligus menghias jalan dengan aneka lampu,” jelas Chamidah.

Selain jimpitan ada juga donatur yang menyuntikkan dana pribadi, seperti Inayati pengusaha isi ulang air minum yang menyumbang grup angklung. Kemudian Agus pengusaha walet dan Siti Maghfiroh caleg dari PDIP Dapil III yang kebetulan warga RW 03 menyediakan puluhan hadiah doorprize. “Dan yang terkumpul selain buat pawai dan syukuran, juga untuk menghias jalan kampung. Jika malam lewat kampung kami, akan seperti melalui terowongan lampu karena lampu yang dipasang berbentuk melengkung,” katanya.

Kades Gringsing Awali Naim menambahkan, Jembatan Klai Talang sebelumnya sudah ada, namun dibongkar total dan dibangun agar lebih bagus dan aman. Biaya pembangunan sekitar Rp 68 juta yang berasal dari Dana Desa. “Jembatan sudah kami resmikan kemarin, tepat saat malam tirakatan. Semoga Jembatan Kali Talang ini bisa bermanfaat bagi warga,” serunya.

Usai mengikuti jalan santai, warga berjoget dengan iringan grup angklung sembari menunggu pengundian doorprize. Kades Gringsing Awali Naim juga ikut berjoget dan sesekali memberi saweran kepada warganya yang berani tampil menyanyi. (han/sct)