Pos Indonesia Luncurkan Aplikasi Online

677
ONLINE : Aplikasi Fastpos diluncurkan oleh PT Pos Indonesia. Yakni, platform digital berbasis mobile-application yang memudahkan pengguna dalam proses pembelian maupun pengiriman barang. (NURUL PRATIDINA / JAWAPOS RADAR SEMARANG)
ONLINE : Aplikasi Fastpos diluncurkan oleh PT Pos Indonesia. Yakni, platform digital berbasis mobile-application yang memudahkan pengguna dalam proses pembelian maupun pengiriman barang. (NURUL PRATIDINA / JAWAPOS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Perkembangan era digital menuntut pelayanan yang lebih praktis dan serba cepat. PT Pos Indonesia menyikapinya dengan meluncurkan aplikasi FastPOS, baru-baru ini.

Ketua Regional VI PT Pos Indonesia (Persero), Dwi Indarwani mengatakan, fenomena disrupsi tak bisa dihindari dan perlu ditanggapi dengan positif. Salah satunya dengan menghadirkan FastPOS, sebuah platform digital berbasis mobile-application.

Melalui berbagai fitur dalam aplikasi tersebut, pengguna dapat membeli berbagai produk UMKM yang ada di dalamnya. Dari situ pula, pengguna dapat langsung memesan jasa pengiriman sekaligus mengetahui tarifnya.

“Aplikasi ini merupakan jawaban kami terhadap tantangan bisnis digital. Kini tak lagi hanya menunggu datangnya barang untuk dikirim, tapi sudah bergeser lebih pada menjemput bola dan aktif bergerak keluar,” ujarnya, kemarin.

Selain itu, aplikasi ini juga menjadi wadah baru bagi para pelaku UMKM dalam memasarkan produk mereka. Produk-produk yang dipajang dalam etalase aplikasi akan dijemput dan dikirim langsung oleh para kurir pos.

“Sejauh ini, kami tidak meminta sharing profit, karena ini juga sebagai dukungan program UMKM naik kelas. Tapi untuk melindungi keamanan dan kenyamanan konsumen, pelaku UMKM yang daftar, kami datangi langsung ke lokasi, tidak hanya daftar online,” ujarnya.

Sejauh ini, lanjut Dwi, khusus area Semarang dan sekitarnya sudah ada 180 UMKM yang bergabung, dengan total produk mencapai sekitar 850 jenis. Hingga akhir tahun, diharapkan bisa mencapai lebih dari satu juta transaksi.

“Kami mulai dari Jawa Tengah, khususnya Semarang karena wilayah ini memiliki jumlah UMKM yang cukup besar. Ke depan, aplikasi ini akan diluncurkan di kota maupun kabupaten lain di Jawa Tengah, serta di provinsi-provinsi lain di Indonesia,” ujarnya. (dna/ida)

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah, Ema Rachmawati mengapresiasi terobosan dari PT Pos Indonesia. Aplikasi tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para pelaku UKM di Jawa Tengah.

“Di era sekarang ini aplikasi online dan kemudahan dari jasa pengiriman sangat mendukung dalam pengembangan dari para pelaku usaha. Adanya FastPOS ini saya harapkan bisa semakin memperluas pasar para pelaku UKM,”imbuhnya.(dna)